30 August 2022, 23:09 WIB

Dinas Kesehatan Bali Antisipasi Munculnya Kasus Cacar Monyet


Ruta Suryana |

DINAS KeSehatan Provinsi Bali mengimbau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit se-Bali siap siaga mengantisipasi masuknya cacar monyet serta melakukan surveilen yang ketat bila ada yang masuk Bali.

"Masyarakat juga diminta menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menjaga imun dan taat menerapkan protokol kesehatan," ujar Kepala Dinas  Kesehatan Provinsi Bali, I Nyoman Gede Anom, Selasa (30/8).

Masih dalam upaya pencegahan, lanjut Anom, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bali juga ditugaskan mendeteksi di pintu-pintu masuk Bali.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti mengatakan pihaknya sudah menyampaikan berbagai informasi seputar apa itu cacar monyet dan pencegahannya ke puskesmas untuk selanjutnya agar ditindaklanjuti agar sampai kepada masyarakat.

"Sudah ada buku pedomannya bagaimana pencegahannya untuk diteruskan ke masyarakat melalui puskesmas," ujar Tri.

Dalam sosialisasi dan edukasi ini juga menafaatkan media sosial seperti grup Whattshap yang dimiliki puskesmas. Tri juga mengatakan, gejala awal dari terjangkitnya cacar monyet adalah demam, yang selanjutnya di hari kelima atau keenam muncul ruam yang dominan terjadi di bagian wajah. (OL-15)

BERITA TERKAIT