30 August 2022, 20:40 WIB

Gelombang Pasang Hantam Pantai di Kebumen dan Cilacap


Lilik Darmawan |

GELOMBANG laut menyapu pantai di Kebumen dan Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (30/8). Kepala Pelaksana BPBD Cilacap Widjonardi mengatakan bahwa gelombang tinggi dan gelombang pasang menerjang pantai di Cilacap.

"Kami mendapatkan laporan gelombang tinggi menerjang Pantai Indah Widarapayung. Di pantai wilayah Kecamatan Binangun tersebut, ada lima unit warung yang mengalami kerusakan. Kejadian mulai jam 10.00 WIB
hingga 12.00 WIB," jelas Widjonardi.

Selain di Cilacap, laporan terjangan gelombang tinggi disertai gelombang pasang terjadi di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen. Kapolres Kebumen AKB Burhanuddin didampingi gelombang tinggi dan gelombang pasang mulai terjadi sekitar jam 09.00 WIB.

Di pantai  setempat, ada ratusan warung yang tersapu gelombang. "Gelombang tinggi dan pasang yang menerjang di Pantai Suwuk. Peristiwanya cukup cepat," jelasnya.

Dia meminta kepada masyarakat untuk kembali mewaspadai kemungkinan munculnya gelombang tinggi. "Pemilik warung sudah diimbau untuk waspada. Mereka juga telah menyingkirkan puing-puing warung yang dihempas gelombang," ujarnya.

Terpisah, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa potensi gelombang tinggi bisa mencapai 6 meter. Selain itu, pada waktu yang bersamaan terjadi  gelombang pasang dengan ketinggian maksimal hingga 1,9 meter.

"Kami mengimbau kepada pengunjung pantai dan nelayan untuk waspada.  Karena gelombang tinggi masih akan berlangsung hingga Rabu (31/8)," jelasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT