29 August 2022, 23:25 WIB

Kasus PMK Mereda, Pasar Sapi Jelog Boyolali Uji Coba Transaksi Langsung


Widjajadi |


 


KASUS penyakit mulut dan kaki (PMK) di Boyolali, Jawa Tengah,  makin melandai, Dinas Peternakan dan Perikanan mulai melakukan uji coba membuka Pasar Jelog, Cepogo, untuk transaksi langsung sapi lokal. Sementara itu, 2 pasar hewan lain masih ditutup.

"Sudah melandai kasus PMK di Boyolali, karena itu kita sudah mulai uji coba buka satu dari tiga pasar hewan yang sejak dua bulan terakhir ini ditutup. Uji coba buka untuk Jelog, mulai hari ini (Senin, 29/8) dengan prokes ketat," kata Kepala Disnakkan Boyolali, Lhsia Dyah Suciati, Senin (29/8) sore.

Sejak merebak kasus PMK di Boyolali dari mulai akhir April hingga per 25 Agustus, ternak sapi yang mengalami suspect mencapai 5.666 ekor,  97 sapi terinfeksi mati, dan 12 ekor yang tidak mungkin disembuhkan telah dipotong paksa

Dia paparkan, dengan tindakan penanggulangan cepat, saat ini menyisakan 1.339 sapi yang masih dalam proses penyembuhan, dan secara akumulasi yang positif ada 32 ekor sapi. Laporan kasus sudah melandai, meski ada 10 laporan terbaru.

"Tetapi sejak program vaksinasi PMK ter Vaksinasi sudah menyasar 4.896 ekor, dan revaksinasi hingga 25 Agustus lalu, mencapai 1.286 ekor. Tambahan vaksinasi sebanyak 541 dosis," imbuh Lusia.

Uji coba pembukaan pasar hewan Jelog berjalan lancar. Semua sapi yang masuk pasar di lereng Merapi itu semua sapi lokal Boyolali. Penjual juga harus menunjukkan KTP Boyolali, termasuk nomor polisi mobil pikap yang dipergunakan juga harus berasal dari daerah itu.

" Semua serba lokal, tidak boleh ada luar Boyolali. Ini untuk mengukur atau mengetahui, bahwa ternak sapi Boyolali harus sudah sehat betul," tandasnya.

Selain itu, lingkungan di sekitar pasar juga disemprot disinfektan. Pedagang dan penjual sebelum masuk pasar wajib melakukannya, sedangkan sapi harus dicelup ke kolam, agar tidak meninggalkan kotoran dari luar

Pada bagian lain Kepala UPT Pasar Hewan Jelog, Sapto Hadi Darmono mengatakan, ada 400 transaksi sapi sehat masuk ke uji coba pembukaan Pasar Hewan Jelog. "Semua serba lokal Boyolali, dari asal sapi, KTP penjual dan nopol mobil pengangkut," kata dia.

Jauh sebelum munculnya kasus PMK di Boyolali, transaksi hewan sapi di pasar yang ada di kawasan lereng Merapi Cepogo, setiap hari mencapai kisaran 2.000 an ekor sapi. "Mudah mudahan peternak bisa segera bangkit dan hilang trauma," pungkas Sapto. (N-2)

BERITA TERKAIT