23 August 2022, 18:10 WIB

Keraton Yogyakarta Buka Pendaftaran Calon Prajurit


Agus Utantoro |

KAWEDANAN Keprajuritan Keraton Yogyakarta, membuka pendaftaran calon prajurit baru. Pendaftaran ini dibuka sejak 21 Agustus 2022 dan akan ditutup pada 21 September mendatang.

Pengageng Kawedanan Keprajuritan Keraton Yogyakarta, KPH Nonegoro, melalui website resmi Keraton Yogyakarta menjelaskan, syarat utama untuk menjadi prajurit Keraton Yogyakarta adalah kesediaan mengabdikan diri kepada Keratoin Ngayogyakarta Hadiningrat, memiliki semangat nguri-uri atau melestarikan budaya khususnya seni keprajuritan.

"Diutamakan yang telah bergabung dengan Bregada Rakyat atau bregada yang dibentuk dan hidup di tengah masyarakat yang  dibuktikan dengan rekomendasi dari pengurus bregada setempat," katanya.

Pendaftar, katanya, berusia serendahnya 22 tahun dan setinggi-tingginya 40 tahun, tinggi badan 165 cm, dan berat badan proporsional. Dijelaskan, pendaftaran calon prajurit baru ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan Abdi Dalem Prajurit yang bertugas di berbagai upacara keraton.

"Sesuai dengan perkembangan zaman, sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif serta seleksi keterampilan,"ungkap KPH Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Keprajuritan.

Para pendaftar membuat surat pengajuan diri menjadi prajurit, ditujukan kepada Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningratdan dilampiri sejumlah surat keterangan antara lain SKCK terbaru, fotocopi ijazah minimal SMP atau yang sederajat, fotocopi KTP, nomor telepon yang bisa dihubungi, sehat, melampirkan pas foto dengan latar belakang merah dan lainnya.

Seluruh berkas pendaftaran dapat dikirimkan melalui email keprajuritankratonjogja@gmail.com. Berkas juga dapat diserahkan langsung ke kantor Tepas Keprajuritan yang berlokasi di Pracimosono Keraton Yogyakarta (barat Bangsal Pagelaran), setiap hari (kecuali Senin) pukul 10.00-14.00 WIB.

Proses rekrutmen kali ini akan melalui beberapa tahapan di antaranya seleksi administrasi, seleksi fisik, dan seleksi tahap akhir. Semua informasi tahapan seleksi akan diinformasikan kembali kepada calon prajurit yang telah mendaftar melalui kontak yang sudah dicantumkan. Informasi lengkap mengenai pendaftaran calon prajurit Keraton Yogyakarta juga bisa diakses via media sosial resmi Kraton Jogja. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT