23 August 2022, 13:55 WIB

Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub Capai 73 persen


mediaindonesia.com |

ANAK muda di tanah Papua  mempunyai tekad, semangat dan talenta yang luar biasa. Talenta dan kreatifitas anak muda itu diharapkan semakin berkembang pesat dengan telah difungsikannya Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Pembangunan gedung PYCH yang diinisiasi oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) sendiri telah mencapai 73 persen.

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cenderawasih tersebut.

Perwakilan PMI, Elia Musa Rawar atau akrab disapa Moses Rawar (28), mengatakan gedung itu nantinya akan digunakan oleh seluruh anak muda di Papua untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

"Harapanya kreatifitas yang selama ini sudah dimiliki teman-teman muda Papua bisa muncul di panggung nasional dan internasional," kata Moses saat meninjau lokasi, Selasa (23/8/2022).

Turut hadir dalam meninjau lokasi gedung itu Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, I Gde Made Kartikajaya bersama jajarannya. Lalu, Kordinator Umum PMI Billy Mambrasar, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim dan kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero).

Moses mengatakan gedung Papua Youth Creative Hub merupakan bangunan yang memiliki fasilitas terlengkap di Papua. Fasilitas itu diantaranya dapat digunakan untuk co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga.

"Fasilitas ini dibuka untuk seluruh teman-teman muda di tanah Papua, darimana saja kami welcome. Karena Papua Muda Inspiratif berdiri untuk teman-teman Papua," tegasnya.

Moses menyampaikan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan karena telah membantu anak muda Papua memiliki sarana prasana dalam menunjang fondasi pembangunan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.

Groundbreaking gedung PYCH ini oleh Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan waktu itu.

"Kami ucapkan terimakasih ke Pak Presiden Jokowi dan kepada Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas terlaksananya pembangunan ini, dan sudah seperti kita lihat gedung pembangunan sudah hampir selesai," tutur Moses.

Sementara Cornelis Sagrim mengatakan, pembangunan gedung PYCH telah mencapai 73 persen. Pembangunan gedung ini dimulai pada Oktober 2021 dan telah dipercepat dari perencanaan selesai pada Desember 2022, menjadi Oktober 2022.

"Progres kita sudah 73 persen. Gedung ini rencana mau diresmikan Pak Presiden Jokowi yah," ucapnya.

Luas bangunan utama sekitar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Bangunan PYCH nantinya juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor dan lansekap.

Selain itu, Cornelis mengatakan desain arsitektur gedungnya terinspirasi oleh rumah adat di Papua, yaitu rumah adat Kariwari dan rumah adat Honai. (Ant/OL-13)

BERITA TERKAIT