19 August 2022, 21:10 WIB

Warga Tegal Menyukai Uang Rupiah Kertas Cetakan Baru


Supardji Rasban |

 
UANG Rupiah kertas tahun emisi 2022 sudah diluncurkan Bank Indonesia, Kamis (18/8). Sehari kemudian sosialisasi dan penukaran uang baru itu sudah dilakukan masyarakat.

Di Kota Tegal, Kantor Perwakilan BI setempat dengan menggunakan
mobil layanan penukaran uang, mulai menyosialisasikan dan melayani
penukaran uang baru, yang dipusatkan di Jalan Pancasila, Jumat (19/8).

Warga yang akan menukarkan uang lamanya, sebelumnya sudah melakukan
registrasi terlebih dahulu di situs pintar.bi.go.id.

Pelaksanaan Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Tegal, Ahmad Afandi menyampaikan mobil layanan kas keliling atau penukaran uang secara serentak di seluruh Indonesia diterjunkan untuk melayani penukaran uang TE 2022.

"Masyarakat yang ingin menukarkan uang sebelumnya harus mengisi pertanyaan atau registrasi di situs pintar.bi.go.id melalui handphone ataupun laptop," ujar Ahmad.

Dia menyebutkan pada situs itu juga terdapat besaran jumlah uang
yang akan ditukarkan, termasuk mengisi kelengkapan data diri. "Jika sudah berhasil mengisi, maka masyarakat atau nasabah bisa langsung menukarkan uang dengan membawa uang lamanya, dan bukti registrasi" terangnya.

Ia menjelaskan secara bergantian mobil layanan kas keliling akan melayani secara merata. Setelah Kota Tegal, pihaknya juga akan membuka layanan di Alun-alun Brebes, Alun-alun Slawi  dan di Rita Mal

"Uang baru sangat bagus tampilannya, baik dari gambar, corak maupun warga. Saya suka menjadikannya sebagai koleksi," ungkap Arief, 47, warga. (N-2)

BERITA TERKAIT