19 August 2022, 21:00 WIB

Pemkab Flores Timur Bantah ada Foto Garuda Pancasila yang Dipasang Terbalik


Alexander P Taum |

PEMERINTAH Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, diusik sebuah foto yang menjadi viral di media sosial. Foto itu memperlihatkan Ketua DPRD Robertus R Kreta sedang membacakan naskah Proklamasi, pada upacara peringatan HUT RI, dengan latar belakang Garuda Pancasila yang dipasang terbalik.

Jumat (19/8), Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Petrus Pedo Maran menyatakan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-77 RI, penyelenggara upacara tidak menggunakan podium.

"Benda yang diduga podium bergambar Garuda Pancasila terbalik sesungguhnya adalah kotak atau peti isi naskah teks proklamasi yang diletakkan di atas meja," ungkapnya.

Ia menjelaskan, di atas kotak atau peti tersebut terdapat ukiran kayu
penutup bergambar Burung Garuda Pancasila. Ketika kotak dibuka pada saat acara pembacaan naskah Proklamasi, gambar Garuda Pancasila tersebut akan nampak terbalik bila dilihat dari depan seperti nampak pada foto yang viral.

"Setelah Pembacaan naskah Proklamasi kotak atau peti tersebut akan
ditutup kembali. Pembukaan dan penutupan kotak tersebut selalu diawali dengan aba-aba dari pembawa acara," ujar Pedon.

Ia menegaskan tidak ada unsur kesengajaan yang bertujuan untuk merendahkan lambang negara, pejabat atau institusi tertentu.

"Pemkab Kabupaten Flores Timur menyampaikan terima kasih terhadap segenap warga masyarakat Flores Timur yang telah aktif dalam perayaan peringatan Hut Kemerdekaan ke-77 RI. Dinamika yang terjadi di media sosial juga merupakan bentuk perhatian. Terima kasih atas kepedulian dan perhatian kita semua. Tuhan memberkati niat baik kita membangun lewotana Flores Timur kita tercinta ini," tandasnya dalam konferensi pers yang juga dihadiri sejumlah pejabat terkait itu. (N-2)

BERITA TERKAIT