18 August 2022, 23:00 WIB

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran


Kristiadi |

MEMPERINGATI Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, ribuan warga di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (18/8), turun ke Jalan dan mengirab bendera merah putih sepanjang 1 kilometer dilakukan di Pantai Barat menuju Pantai Barat sejauh 5 kilometer.

Bendera merah putih dalam memperingati 17 Agustus itu dibentangkan oleh ribuan orang mulai Bupati Pangandaran, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, TNI AD, AL, Polri, Paskibraka, Tagana, BPBD, Satpol PP, PMI, pelajar, nelayan, warga, dan lainnya dari samping cagar alam Pantai Barat diarak hingga Pos 4 Balawista sejauh 5 kilometer menuju Pantai Timur Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di daerahnya selama ini, baru pertama kali melakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 1 kilometer diarak oleh ribuan orang dengan berjalan kaki sejauh 5 kilometer dari Pantai Barat menuju Pantai Timur.

Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat Pangandaran.

"Pengibaran bendera merah putih sepanjang 1 kilometer diarak dan dibawa oleh anggota TNI AD, AL, Polri, Paskibraka, Tagana, BPBD, Satpol PP, PMI, pelajar, nelayan, warga, dan wisatawan tersebut pertama kali dibentangkan di Pantai Pangandaran," kata Jeje di Pangandaran, Kamis (18/8).


Baca juga: HUT ke-77 RI, Warga Desa Banten Gelar Aneka Lomba Khas 17-an


Ia mengatakan, pengibaran bendera dulu dilakukan para pahlawan kita yang telah berjuang mengusir penjajahan dengan selalu siap mengorbankan nyawa. Karena itu, ada nilai perjuangan yang bisa diambil sekarang ini di mana warga Pangandaran membentangkan bendera merah putih dengan berjalan kaki sejauh 5 kilometer. Momentum 17 Agustus ini juga menumbuhkan kembali nasionalisme masyarakat di Pangandaran untuk cinta Tanah Air.

"Pengibaran bendera merah putih yang selama itu dilakukannya tidak hanya membentangkan saja, tetapi semua warga menyanyikan lagu 'Berkibarlah Bendera Negeriku' karya musikus Gombloh hingga diikuti wisatawan, pedagang, dan yang lainnya berada di tepian pantai juga ikut menyanyikan lagu tersebut serta tanda penghormatan. Saya berharap tahun depan bisa ditambah pembentangannya di sepanjang 91 kilometer di Pantai Pangandaran," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pangandaran AKB Hidayat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pembentangan bendera merah putih pada momentum Kemerdekaan RI ke 77 yang dilakukan oleh warga Pengandaran termasuk pimpinan daerah hingga pelajar yang diinisiasi Pemkab Pangandaran.

"Untuk memaknai HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini, Pemerintah Indonesia mengusung tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' dan tema tersebut diambil karena Indonesia sedang menata kembali kehidupan setelah pandemi covid-19. Dan pengibaran bendera yang dilakukan warga dan pelajar tadi sangat antusias dengan penuh semangat," pungkasnya. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT