18 August 2022, 11:10 WIB

Lomba Balap Karung di Tasikmalaya Telan Korban Jiwa


Adi Kristiadi |

RN, 29, seorang ibu rumah tangga (IRT) warga Kampung Gunung Bubut, Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat meninggal saat sedang mengikuti perlombaan balap karung. Kejadian tersebut terjadi, pada Rabu (17/8) dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, pukul 11.00 WIB.

Kapolsek Mangkubumi, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Hartono mengatakan, pihaknya mendapat laporan kejadian perlombaan balap karung di Kampung Gunung Bubut, Kelurahan Cipawitra. "Dari keterangan para saksi di lokasi kejadian, korban mengikuti perlombaan balap karung bersama warga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Korban jatuh dan kepalanya membentur aspal hingga pingsan dan tidak sadarkan diri. Warga setempat memberikan pertolongan dan langsung dilarikannya ke Klinik Kayla. Tapi dalam perjalanan nyawanya tak tertolong," kata Iptu Hartono, kemarin.

Dari keterangan keluarganya, jelas Iptu Hartono, korban mempunyai riwayat sakit hipertensi dan baru dua bulan lalu melahirkan. "Keluarga korban menerima musibah ini dan tidak  menuntut siapapun atas kejadian tersebut. Jenazah RN juga sudah memakamkannya di pemakaman umum," ujarnya.

Sementara itu, panitia lomba 17-an, Aef saefudin, 43, mengatakan, sebelum kejadian korban dilarang ikut perlombaan balap karung karena baru dua bulan melahirkan. Namun, korban mendesak karena merasa sudah sehar dan ingin memeriahkan perlombaan 17-an.

"Warga sudah berupaya menolong korban setelah jatuh ke jalan aspal. Kami membawa korban menggunakan mobil ke klinik tapi nyawanya tidak tertolong," tuturnya. (OL-13)

Baca Juga: Milenial Garut Rayakan HUT Ke-77 RI Gemakan Inspirasi Ganjar

BERITA TERKAIT