17 August 2022, 16:44 WIB

Kepemimpinan Jokowi Perkuat Komitmen Kebinekaan Wujudkan Stabilitas Politik Nasional


Widhoroso |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komitmen tinggi mengaplikasikan nilia-nilai kebinekaan dalam kepemimpinannya. Kondisi tersebut tentunya membawa dampak positif nyata dengan terciptanya stabilitas politik di Tanah Air.  

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Syaiful Lubis mengatakan sejak priode pertama hingga kedua, Jokowi telah berhasil membentuk iklim politik yang harmonis. Setiap pihak dirangkul Jolowi demi menjaga kondusifitas kehidupan masyarakat.

Dia menyebutkan langkah Jokowi yang sedian merangkul semua golongan dinilai sebagai langkah efektif untuk memimpin Indonesia yang masyarakatnya sangat majemuk. Terbukti kebijakan tersebut mampu menjaga stabilitas politik dan kebinekaan.

"Saya kira iya (berhasil). Tentu saja Pak Jokowi adalah bukti keberhasilan semua elemen bangsa," ujar Syaiful.

Dia menuturkan tidak mudah unruk menjaga stabilitas politik dan kebinekaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi Indonesia dikenal memiliki beragam latar dan golongan yang sangat majemuk. Karena itu, Syaiful mengatakan jika peran dari seluruh masyarakat sangatlah dibutukan untuk turut membantu pemerintah dalam memelihara keberagaman melalui bhineka tunggal ika dan pancasila.

"Pak Jokowi tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi dukungan oleh semua elemen bangsa tanpa terkecuali," kata Syaiful. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT