17 August 2022, 09:15 WIB

HUT RI 2022: Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Labuan Bajo


John Lewar |

BERAGAM cara memperingati 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tahun 2022 ini. Seperti yang dilakukan TNI Angkatan Laut di Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, NTT (Lanal Labuan Bajo) bersama komunitas penyelam resmi menggelar upacara peringatan HUT RI di dasar laut, Rabu (17/8).

Para penyelam dipimpin Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni, S.T.,MTr.Hanla, sekaligus memimpin apel penyerahan merah putih di dermaga wae cicu kepada dua peleton regu penyelam membawa bendera lalu di kibarkan di dasar laut sedalam 10 meter lebih.

Dua pleton regu pengibar merah putih itu, selain TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Komunitas penyelam komodo, Basarnas dan utusan petugas syah bandar Labuan Bajo.

Letkol Laut (P) Roni menyatakan, kemerdekaan diraih bangsa ini berkat perjuangan anak bangsa, mempertaruhkan jiwa dan raga, baik dari darat udara, dan laut perairan Indonesia.

"Anak negri ini petaruhkan nyawa di medan perang untuk merebut kemerdekaan dari penindasan penjajah. Setiap anak bangsa wajib menjaga keutuhan Negara Kesatuan Indonesia," ucap Roni.

Roni menyebutkan bahwa pengibaran bendara merah putih ini dilakukan serempak oleh TNI Angkatan Laut di seluruh wilayah laut Indonesia. Komodo di Labuan Bajo sudah sangat di kenal dunia, adalah satu dari NKRI

Menurut Roni, laut teritorial Indonesia merupakan kedaulatan bangsa ini. TNI Angkatan Laut penjaga keamanan teritorial tetap mengenang pahlawan bangsa ini dengan mengibarkan sang saka merah putih di dalam laut. (OL-13)

Baca Juga: Komisaris Polisi "Shah Rukh Khan" Pimpin Pengibaran Bendera di Bawah Laut Berau

BERITA TERKAIT