15 August 2022, 13:31 WIB

Sebagian Dana Otsus Papua Barat untuk Bantuan Bibit Ayam bagi Warga tidak Mampu


Mediaindonesia.com |

Pemerintah Provinsi Papua Barat menggunakan sebagian dana otonomi khusus untuk menyiapkan bantuan bibit ayam bagi warga tidak mampu di wilayahnya.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat Lasarus Ullo di Manokwari, Senin, sebanyak 4.500 bibit ayam beserta pakan dan perlengkapan kandang sudah disiapkan bagi warga tidak mampu di wilayah Manokwari Raya dan Sorong raya.

"Tahun ini ada 1.500 ekor (bibit ayam) untuk wilayah Sorong Raya dan 3.000 ekor untuk Manokwari Raya, lengkap dengan pakan 10 karung per kepala keluarga," kata Ullo.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan bibit ayam potong dan bibit ayam petelur merupakan bagian dari program pemulihan ketahanan pangan masyarakat pasca-pandemi COVID-19.

"Karena (dananya) bersumber dari dana otsus (otonomi khusus), program ini dikhususkan untuk keluarga orang asli Papua," katanya.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat akan mengawasi pelaksanaan program penyaluran bantuan bibit ayam bagi warga tidak mampu.

"Dinas akan melihat langsung ke rumah keluarga yang akan dibantu, karena harus dipastikan bibit ayam tersebut dapat dipelihara," kata Ullo.

Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalokasikan dana Rp4 miliar untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, termasuk untuk penyediaan bantuan bibit ayam dan bibit tanaman pangan bagi warga. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT