15 August 2022, 09:50 WIB

Wamen ATR Serahkan Sertifikat Wakaf di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh


Mediaindonesia.com |

DALAM rangkaian kunjungannya ke Aceh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni menyerahkan sertifikat wakaf di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh setelah melaksanakan kewajiban salat asar.

“Saya hari ini melakukan kunjungan ke Banda Aceh sekaligus mewakili pak Menteri untuk membagikan 8 sertipikat wakaf," ujar Raja lewat pernyataannya.

Raja Juli juga menyampaikan salam takzim dari Menteri ATR BPN Hadi Tjahjanto yang tidak dapat hadir secara langsung di lokasi. Namun berharap tidak mengurangi kehikmatan acara.

Dalam kesempatan itu Raja Antoni menyampaikan soal masyarakat Indonesia yang sangat baik hati dalam konteks wakaf .

"Tradisi Islamic Filantrophy di Indonesia sudah berakar lama, tradisi ini tentang kedermawaan dalam islam, tradisi berbagi, tradisi bergotong royong dan peduli kepada fakir miskin, anak terlantar," ujarnya

Namun, sambung Raja kadang status wakaf yang didasari kebajikan tersebut tidak tercata secara rapi sehingga mudah disalahgunakan dan diganggu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, termasuk mafia tanah.

Untuk itulah Kementerian ATR/BPN memiliki program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang juga dapat digunakan untuk melindungi tanah wakaf. Kementerian ATR/BPN menjalin kerja sama dengan organisasi keagamaan sebagai dalam usaha sertifikasi tanah wakaf.

“Allhamdulillah dengan adanya PTSL bisa diintegrasikan dengan tanah-tanah wakaf. Sehingga tanah-tanah wakaf kita tidak jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab dan niat baik para wakif dapat menjadi amal jariyah yang bermanfaat di kemudian hari. Ini adalah atas perintah Presiden Jokowi dan Pak Menteri Hadi agar kami di Kementerian ATR/BPN mengawal sertipikasi tanah-tanah wakaf ini” tutup Raja Juli Antoni.

Pada kesempatan itu turut hadir Wakil Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Tengku Munawir, Pj. Walikota Banda Aceh H. Bakri Siddiq, Staff Khusus Menteri ATR/BPN Andi Saiful Haq, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh Dr. Mazwar, dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh Suria Bakti. (OL-8)

BERITA TERKAIT