14 August 2022, 19:39 WIB

Organisasi Wanita di Kota Denpasar Dukung Kebaya Goes To UNESCO


Ruta Suryana |

PERTIWI Indonesia Bali menjadi salah satu organisasi perempuan yang turut menyemarakkan perayaan HUT ke-77 Proklamasi RI dengan menggelar kegiatan Kebaya Goes To UNESCO di  Jaba Paon Kota Denpasar, Minggu (14/8) yang melibatkan para wanita berkebaya.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar,   Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Ketua Pertiwi Indonesia Bali Hannah Siregar serta Kepala Dinsos Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati.

Usai melakukan pemotongan tumpeng, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengharapkan kegiatan ini  mampu membawa semangat berkebaya bagi para perempuan Indonesia. "Berkebaya merupakan jati diri perempuan Indonesia sejak dulu. Maka, dengan niatan yang tulus, membawa kebaya untuk didaftarkan di UNESCO tentu harus mendapat dukungan penuh dari kita semua," kata Ny. Ayu Kristi.

Ketua Pertiwi Indonesia Bali, Hannah Siregar mengatakan pendaftaran kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda adalah upaya melestarikan kekayaan Nusantara. Gerakan ini akan berlangsung dari September hingga Desember 2022. Moto Pertiwi Indonesia Bali adalah
perempuan terdepan Indonesia, perempuan dukung perempuan, dan perempuan jaga perempuan.

"Pusat organisasi Pertiwi Indonesia sendiri berlokasi di Jakarta, kemudian kami sebagai perwakilan di Bali ikut menggaungkan kegiatan ini," tutur Hannah Siregar. Artinya, lanjutnya, pihaknya dari Pertiwi Indonesia Bali turut mendukung gerakan Kebaya Goes To UNESCO ini. Untuk
saat ini pihaknya  mengisinya dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI.  

"Nantinya, pada perayaan Hari Ibu 22 Desember, gerakan seperti ini akan kami upayakan untuk bisa terselenggara lagi," tutur Hannah Siregar.

Kegiatan ini sendiri diawali dengan parade para wanita berkebaya yang berjalan dari Jaba Paon menuju Lapangan Catur Muka Kota Denpasar. Tampak apik dalam balutan kebaya Nusantara, para wanita berkebaya itu sangat antusias terlibat dan mendukung selama kegiatan ini berlangsung. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT