13 August 2022, 16:42 WIB

Tim SAR Temukan Nelayan Terseret Arus di Perairan Jembrana


Ruta Suryana |

WARGA Desa Yeh Sumbul, Kabupaten Jembrana, Bali, Budianto, 23, yang sebelumnya dikabarkan hilang terseret arus di Yeh Sumbul akhirnya ditemukan, Sabtu (13/8) siang, sudah kondisi meninggal dunia.

Saat ditemukan, posisi jenazahnya tertelungkup terapung-apung di Perairan Pekutatan, Pantai Medewi, kurang lebih 7-8 nautical mile arah selatan dari lokasi awal korban tenggelam.

Nelayan yang menemukannya langsung mengangkat ke atas perahu dan selanjutnya dievakuasi menuju Pantai Yeh Sumbul.

"Tadi nelayan menemukan jenazahnya sekitar pukul 12.23 Wita dan tiba di Yeh Sumbul pada pukul 13.00 Wita," terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar, Gede Darmada, Sabtu.


Baca juga: Perempuan Tuna Rungu Jadi Korban Pemerkosaan oleh 2 Pemuda di Aceh


Sementara itu, keterangan dari Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Putu Hendri Gunawan, yang juga ikut langsung dalam upaya pencarian, mengatakan jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka menggunakan ambulans BPBD Kabupaten Jembrana.

Sebelumnya, Basarnas Bali mendapatkan laporan dari Ida Bagus Tripana pada Kamis (11/8) pukul 15.10 Wita. Selama tiga hari pencarian dilakukan, tim menggunakan rubber boat, speed boat, dan jukung nelayan setempat.

Menurut informasi, kejadian nahas itu bermula ketika korban membantu pamannya membawa cool box ke perahu, namun tiba-tiba dihantam ombak kemudian terseret arus dan tenggelam.

Operasi pencarian melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali (Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana), TNI AL Pos Pengambengan, Brimob Kompi C Polres Jembrana, Polair Polres Jembrana, Inafis Polres Jembrana, Polsek Mendoyo, Babinkamtibmas Yeh Sumbul, Babinsa Yeh Sumbul, BPBD Jembrana, PMI Jembrana, Potensi SAR 115, nelayan setempat dan pihak keluarga. (OL-16)

BERITA TERKAIT