11 August 2022, 18:01 WIB

Sulteng Diharap Menjadi Lumbung Jagung Nasional


M. Taufan SP Bustan |

LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah, diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung nasional.

Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira mengatakan, lahan perkebunan yang luas di Sulteng, jika dikelola dengan baik dan diberikan bibit unggul, serta teknologi pasti bisa berkembang pesat perkebunan jagung di provinsi ini.

“Dan kedepan harapan Sulteng sebagai lumbung dan pusat industri jagung nasional itu bisa saja terwujud,” terangnya di Palu, Kamis (11/8).

Setelah melihat potensi lahan yang ada di sejumlah wilayah di Sulteng, Nilam mengaku, untuk menjadi lumbung dan pusat jagung bukan tidak mungkin terjadi, karena salah satu kabupaten di Sulteng yakni Kabupaten Tojo Unauna dengan program tiada hari tanpa tanam jagung dan tiada hari tanpan panen jagung, saat ini sudah bisa mengekspor jagung.

“Tentunya hal tersebut perlu dicontoh kabupaten lain khusus kabupaten yang memiliki lahan luas seperti Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, dan kabupaten lain,” ungkapnya.

Nilam menambahkan, punya obsesi untuk membuka laboratorium kultur jaringan dengan tujuan agar Sulteng, mempunyai pembibitan yang bersertifikasi.

“Tujuannya nanti itu untuk membantu petani agar mendapatkan bibit yang unggul dan berkualitas. Semoga obsesi itu bisa implementasikan,” tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT