11 August 2022, 17:42 WIB

Bobby Nasution Didesak Merdekakan Warga Belawan dari Banjir Rob


Koko Hendrawan (MGN), Muhardi (SB) |

BANJIR rob atau pasang air laut kembali melanda permukiman warga di tiga kecamatan di pesisir Pantai Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara, Kamis (11/8/2022). Banjir rob ini sudah terjadi tiga hari terakhir.

Banjir rob mulai naik dari Pukul 12.30 WIB dan memasuki pemukiman warga. Bahkan banjir rob yang menerjang pemukiman warga mencapai satu meter. "Sangat mengganggu dan merusak seluruh harta benda yang menjadi korban banjir rob," ujar warga Belawan Calik.

Dia mengatakan banjir rob yang biasa terjadi dua kali dalam sebulan, kini tak bisa diprediksi. Pasalnya, banjir rob hampir terjadi setiap minggu. "Kini tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi banjir rob," jelasnya.

Ratusan rumah yang terendam banjir rob berada di tiga kecamatan di pesisir Pantai Belawan yakni Medan Belawan, Medan Labuhan, dan Medan Marelan. Warga berharap Pemerintah Kota Medan dapat segera merealisasikan pembangunan tanggul penahan banjir rob.

"Semoga Pemerintah Kota Medan segera membenahi Kota Belawan dari banjir rob," harapnya.

Diketahui pembangunan tanggul untuk penanganan banjir rob sudah dicanangkan oleh Pemkot Medan. Bahkan Wali Kota Medan Bobby Nasution telah mengunjungi warga Lingkungan VII, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (10/5/2021) lalu untuk melihat langsung kondisi daerah Kelurahan Nelayan Indah atau Kampung Nelayan yang selama ini selalu terdampak banjir rob. (Mhd/A-3)

BERITA TERKAIT