11 August 2022, 15:56 WIB

Wapres Tegaskan Pesantren Harus Jadi Offtaker Pemberdayaan Ekonomi Umat


Denny Susanto |

WAKIL Presiden RI KH Maruf Amin menegaskan agar pesantren dapat menjadi pengambil alih (offtaker) dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat.

Hal ini ditegaskan Wapres saat saat membuka acara One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Selatan Expo 2022 di Lapangan dr Murjani Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (11/8).

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi merupakan bentuk tanggung jawab umat dalam memakmurkan bumi. Seperti dalam bidang industri, pertambangan, perdagangan, maupun pertanian, melalui program OPOP.

Oleh karena itu, Maruf mengatakan, pesantren harus dapat menjadi offtaker agar program OPOP dapat menghasilkan produk-produk terbaiknya dalam upaya mendorong pengembangan sektor ekonomi rakyat.

"Offtaker, membuat produk, membeli, menjual, sehingga proses produksi terus berjalan. Ini saya kira yang ingin kita bangun," tegas Wapres.

Selain itu, pesantren juga harus menjadi penghubung antara pelaku usaha dan pasar sehingga pemberdayaan masyarakat dapat berjalan secara berkelanjutan.


Baca juga: Wapres Amin Resmikan OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022


Di akhir sambutannya, Wapres berpesan agar program OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan OPOP di daerah lain. Sehingga, kemandirian umat dan manfaatnya bagi masyarakat dapat terimplementasi dengan baik.

"Kita harapkan bermula dari program ini, akan betul-betul tercipta kemandirian ekonomi pesantren dan kemanfaatan bagi umat," pungkasnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan dukungan jajaran pemerintah daerahnya dalam menyukseskan program OPOP yang diharapkan dapat mendorong seluruh pesantren berlomba-lomba menghasilkan produk terbaiknya.

Pembukaan OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 ditandai dengan peninjauan sejumlah stan produk unggulan pesantren oleh Wapres didampingi Gubernur Kalsel dan rombongan lainnya.

Usai membuka OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022, Wapres yang didampingi Hj Wury Maruf Amin dan rombongan berkesempatan meninjau kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat di Posyandu Kenanga, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan. (OL-16)

BERITA TERKAIT