10 August 2022, 14:07 WIB

Bencana Longsor dan Banjir Luapan Landa Banyumas


Lilik Darmawan |

HUJAN yang terjadi di wilayah Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), memicu bencana di sejumlah kecamatan. Ada setidaknya lima kecamatan yang dilanda bencana yakni Ajibarang, Pekuncen, Gumelar, Lumbir, dan Wangon.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan hujan yang terjadi pada Selasa (9/8) memicu banjir dan longsor. Banjir luapan dan longsor menerjang lima kecamatan di Banyumas. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, sejumlah rumah mengalami kerusakan akibat diterjang longsor," jelas Budi pada pada Rabu (10/8).

Budi mengatakan di Kecamatan Ajibarang, misalnya, ada bencana banjir luapan dan longsor. "Untuk banjir luapan terjadi di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang. Di kecamatan tersebut juga ada sejumlah titik yang longsor yakni Desa Kracak, Ciberung, dan Pandansari. Sampai sekarang masih asesmen," kata dia.

Di Kecamatan Pekuncen, longsor melanda di Desa Cibangkong. Longsor di desa setempat terjadi di empat titik. Sementara di Kecamatan Lumbir terjadi di Desa Cirahab.

Bencana longsor juga melanda Desa Kedungurang, Kecamatan Gumelar. Sementara di Kecamatan Wangon terjadi di Desa Cikakak dan Banteran. "Di kedua desa, ada dua jembatan yang roboh," kata dia. Sampai sekarang, Tim BPBD Banyumas sudah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan bersama masyarakat melakukan kerja bakti longsor. (OL-14)

BERITA TERKAIT