08 August 2022, 16:01 WIB

Terduga Pelaku Pencurian Anjing Diamuk Massa


Voucke Lontaan |

SEORANG pria berinisial YR, 16, terduga pelaku pencurian anjing di Desa Langsot, Kecamatan Tomohon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, diamuk massa sebelum diamankan aparat kepolisian setempat. Aksi pencurian hewan itu sering terjadi di berbagai tempat yang meresahkan warga. 

Modusnya, sebelum mendapatkan hasil curian, pelaku melempar makanan seperti sepenggal ikan yang berisi obat beracun. Setelah dimakan, hanya hitungan beberapa menit, anjing tersebut pasti mati.

"Satu terduga pelaku yang diamankan yakni remaja pria berinisial YR, 16, warga Manado, ditangkap beberapa saat usai kejadian di sekitar TKP. Sedangkan satu terduga pelaku lain masih dalam pengejaran petugas," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Julest Abraham Abast, Senin (8/8), di Mapolda Sulut.

Mulanya warga melihat dua pria mencurigakan yang berboncengan di sepeda motor sambil membawa seekor anjing dalam keadaan mati. Diduga keduanya sebagai pelaku pencurian anjing. Warga lantas mengejar keduanya dan menghubungi Tim Antibandit Polres Tomohon.

Baca juga: Mobil Pikap Masuk Jurang 10 Meter, Delapan Meninggal Dunia

"Satu terduga pelaku tertangkap dan sempat dihakimi massa. Satu lainnya melarikan diri menggunakan sepeda motor yang dikendarainya," ujar Jules.

Di saat amuk massa, kata Jules, Tim Antibandit Polres Tomohon tiba di tempat kejadian perkara dan mengamankan satu terduga pelaku tersebut. Setelah itu tim melakukan pengembangan penyelidikan di sekitar Desa Lansot.

"Tim mendapati tiga anjing lain dalam keadaan mati. Terduga pelaku YR beserta barang bukti total empat anjing dalam keadaan mati diamankan di Mapolres Tomohon untuk diperiksa lebih lanjut," kata Jules. (OL-14)

BERITA TERKAIT