05 August 2022, 21:38 WIB

Penerbangan ke Blora Kembali Geliatkan Pariwisata


Akhmad Safuan |

PARIWISATA dan perekonomian Kabupaten Blora dan sekitarnya kembali menggeliat setelah Maskapai Wings Air memulai penerbangan perdana pada Jumat (5/8) dengan rute Pondok Cabe (Tangerang Selatan)-Cepu (Blora) dan Pondok Cabe-Purbalingga.

Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, kembali diaktifkan lagi setelah beberapa bulan terhenti, karena maskapai Citilink yang sebelumnya rutin terbang Halim Perdanakusuma-Ngloram tidak beroperasi akibat adanya pembangunan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Pesawat Wings Air memulai penerbangan perdana datang dari Pondok Cabe (Tangsel) mendarat sekitar pukul 12.55 WIB di Bandara Ngloram (Blora) membawa beberapa penumpang dan kembali berangkat pukul 13.25 WIB, setelah sebelumnya melakukan penerbangan perdana Pondok Cabe-Purbalingga.

"Saya bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro tadi melepas penerbangan perdana maskapai Wings Air Pondok Cabe-Purbalingga PP dan Pondok Cabe-Ngloram," kata Bupati Blora Arief Rohman.

Sejak diresmikan, Bandara Ngloram di Cepu oleh Presiden Jokowi, lanjut Arief Rohman, kepariwisataan dan ekonomi Kabupaten Blora bergairah. Hal ini ditandai dengan datangnya pelancong ke daerah ini setiap pekan menggunakan penerbangan Halim Perdanakusuma-Ngloram.

Baca juga: Mendag Siap Dukung Peningkatan Produk Ekspor Blora

Namun, baru berlangsung sekitar satu bulan, ungkap Arief Rohman, penerbangan maskapai Citilink terhenti karena ada pembangunan di Bandara Halim Perdanakusuma. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara serta kembali menggairahkan ekknomi daerah, maka berbagai upaya dilakukan. Hingga akhirnya, maskapai Wings Air dapat memenuhi permintaan dan memulai penerbangan perdana.

"Kita harapkan kepariwisataan dan perekonomian Blora akan kembali menggeliat dengan adanya penerbangan ini," tuturnya.

Bahkan tidak hanya Wings Air, ujar Arief Rohman, Citilink juga akan kembali aktif melayani penerbangan ke Blora setelah Bandara Halim Perdanakusuma selesai diperbaiki. Artinya, dalam sepekan ada dua kali penerbangan di Ngloram.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT