04 August 2022, 17:53 WIB

182.665 Balita di Cianjur Jadi Sasaran BIAN 2022


Benny Bastiandy/Budi Kansil |

SEBANYAK 182.665 balita di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jadi sasaran Bulan Imunisasi Anak Indonesia (BIAN). Kegiatannya sudah dilaksanakan sejak awal Agustus 2022.

Subkoordinator Survalians dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Asep Helmiono, menjelaskan rencana awal pemberian imunisasi pada program BIAN bisa dilaksanakan pada Juli. Namun karena sesuatu hal, maka pelaksanaannya diundur mulai Agustus. "Pelaksanaannya per 1 Agustus yang digelar serentak di semua daerah di Jawa Barat," terang Asep, Kamis (4/8).

Sebelum kick off pemberian imunisasi pada program BIAN, sebut Asep, telah dilaksanakan sosialisasi melalui berbagai median. Di antaranya sosialisasi melalui leafleat, spanduk, serta informasi di setiap puskesmas. "Kami juga melibatkan berbagai stakeholder untuk sosialisasinya, seperti di kecamatan maupun kader-kader posyandu," sebutnya.

Jenis vaksin yang diberikan pada program BIAN yakni MR dan campak. Selanjutnya akan dilaksanakan juga vaksin kejar.

"Vaksin kejar ini berupa sweeping bagi balita yang belum divaksinasi lengkap. Tapi nanti pelaksanaannya di September," jelasnya.

Tujuan digelarnya BIAN, kata Asep, tentu merupakan bentuk proteksi terhadap balita atau anak terhadap potensi penyakit. Terutama bagi yang belum mendapatkan vaksin lengkap. "Sehingga tujuan akhirnya bisa mencetak anak yang sehat dan produktif," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT