04 August 2022, 17:24 WIB

KPU Jabar Siap Hadapi Pemilu 2024


Naviandri |

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama KPU kabupaten/kota di Jabar menyatakan kesiapannya menghadapi Pemilu 2024. Proses Pemilu 2024 kini sudah dimulai melalui pendaftaran partai politik (parpol) ke KPU RI sebagai calon peserta Pemilu 2024, sejak 1 Agustus 2022.

Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq, Kamis (4/8) mengatakan, proses pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 memang dipusatkan di KPU RI. Setelah pendaftaran parpol oleh dewan pimpinan pusat masing-masing, KPU RI akan melakukan proses verifikasi administrasi.

"Di tengah-tengah proses verifikasi administrasi itu ada peran KPU daerah, khususnya kota dan kabupaten. Peran tersebut bisa dilakukan KPU provinsi, kota, dan kabupaten saat ada perintah dari KPU RI untuk melakukan klarifikasi data keanggotaan partai politik di daerah," jelasnya.

Prinsipnya kata Endun, KPU di daerah siap siaga jika KPU RI memerintahkan untuk melakukan klarifikasi data keanggotaan parpol dalam proses verifikasi administrasi. Jadwal pendaftaran parpol ke KPU RI digelar pada 1-14 Agustus 2022. Sedangkan verifikasi administrasi  digelar pada 2-12 September 2022.

"Selama proses verifikasi administrasi parpol ini, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah langkah bersama KPU kabupaten/kota. Pertama, melakukan konsolidasi sumber daya manusia yakni dengan sudah dibentuknya tim kerja," lanjutnya.

Dikatakan, KPU Jabar juga sudah menyiapkan infrastruktur untuk menunjang proses verifikasi ini. Seperti jaringan, hardware, dan sarana penunjang lainnya. Sebab, jika ada perintah dari KPU RI, skemanya melalui sistem informasi parpol (sipol), hal ini tentu akan membutuhkan infrastruktur.

"Kami juga melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, misalnya dengan parpol di daerah dan Bawaslu," ucapnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT