04 August 2022, 17:20 WIB

Pemprov Jateng Terus Pantau Pasien Bergejala Cacar Monyet


Akhmad Safuan |

KASUS gejala atau suspek cacar monyet (monkeypox) di Jawa Tengah terus dipantau. Seorang pria 55 tahun yang saat ini sedang menjalani isolasi di sebuah rumah sakit swasta tersebut dipastikan tidak mempunyai riwayat ke luar negeri.

"Kita masih terus pantau terhadap pasien mempunyai gejala cacar monyet tersebut sembari menunggu hasil uji laboratorium,"kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Media Indonesia di Semarang, Kamis (4/8).

Tidak hanya memantau pasien, lanjut Ganjar, untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran yang dimungkinkan terjadi, tim medis dari rumah sakit tempat pasien tersebut dirawat dan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng juga melakukan tracing karena gejala mirip dengan cacar monyet tersebut.


Baca juga: Ini Alasan Nelayan Kampung Solo Pangkep Dukung Ganjar


Berdasarkan informasi sementara, Gubernur mengatakan, pasien suspek cacar monyet tersebut tidak mempunyai riwayat ke luar negeri, sehingga penyebab munculnya kasus ini juga masih dalam penelusuran. "Semoga bukan cacar monyet seperti yang dikhawatirkan," tambahnya.

Sebelumnya kasus dugaan cacar monyet, kata Ganjar, juga terjadi di Jawa Tengah. Namun setelah dilakukan perawatan, tracing, dan uji
laboratorium, hasilnya negatif. Dan sekarang kembali muncul kasus yang hampir sama.

Gubernur juga meminta warga tidak perlu panik menghadapi persoalan ini, tetapi sebagai antisipasi diminta tetap waspada dan menerapkan pola hidup sehat serta disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Jika ada yang merasa bergejala segera periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat ditangani cepat," tambahnya. (OL-16)

BERITA TERKAIT