04 August 2022, 17:05 WIB

Tim SAR Masih Cari Nelayan Hilang di Perairan Gili Trawangan


Yusuf Riaman |

TIM pencarian dan pertolongan (SAR) Mataram melakukan penyisiran melalui laut dan pemantauan udara untuk mencari Abdul Gani, 48 tahun, seorang nelayan asal Dusun Air Bari, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang dilaporkan hilang sejak Sabtu (30/7) lalu.

Memasuki hari keempat, Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit mengatakan, dirinya juga terjun langsung melakukan pencarian melalui udara terhadap nelayan yang dilaporkan hilang di sekitar perairan sebelah barat Gili Trawangan.

Dengan menggunakan pesawat jenis microlight dengan nomor registrasi PK-S208, Kakansar Mataram terbang dari eks Bandara Selaparang Mataram pukul 08.40 Wita menuju perairan Gili Trawangan.

"Pencarian melalui udara dimulai dari LKP sampai dengan perairan Gili Trawangan, hasil masih nihil," kata Nanang usai menerbangkan pesawatnya selama 47 menit, Kamis (4/8).


Baca juga: Gegara Ponsel Meledak, Seorang Bocah SD di Ciamis Meninggal


Ia menyebutkan, selain pengaruh angin kencang dan gelombang tinggi yang mengakibatkan korban berpindah tempat atau mungkin masih berada di bawah permukaan air. Adapun kendala lain yang menyebabkan korban belum ditemukan hingga hari ini ialah lokasi pasti jatuhnya korban dari perahu tidak diketahui persis.

Di sisi lain, Tim SAR gabungan dari anggota Pos Unit Siaga SAR Bangsal, Barasiaga, BPBD Kabupaten Lombok Utara, Pos AL Bangsal, Polairud Lombok Utara, Polsek Kayangan, Babinsa Koramil Tanjung, dan masyarakat setempat masih terus melakukan pencarian di laut, pesisir pantai, maupun penyebaran informasi.

Sebelumnya, perahu milik nelayan Abdul Gani ditemukan di perairan sebelah barat Gili Trawangan, dekat dengan jalur kapal tanker. Menurut keterangan dari pihak keluarga, nelayan tersebut pergi memancing sejak Sabtu (30/7) dan hilang kontak keesokan harinya. (OL-16)

BERITA TERKAIT