03 August 2022, 22:06 WIB

Cuaca Buruk Dan Gelombang Tinggi Kembali Landa Perairan Selatan Jawa


Lilik Darmawan |

CUACA buruk kembali melanda perairan selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa  Tengah (Jateng) dan DIY. Ketinggian gelombang mencapai 6 meter dengan  kecepatan angin berkisar 20-25 knot.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Sawardi mengatakan bahwa gelombang berkisar antara 4-6 meter terjadi di sebelah selatan perairan Jabar, Jateng dan DIY. "Ketinggian gelombang terjadi  4-6 meter. Sedangkan kecepatan angin berkisar antara 20-25 knot," jelas Sawardi, Rabu (3/8).

Dijelaskan, ketinggian gelombang antara 4-6 meter yang terjadi di Jabar berada di Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmlaya dan Pangandaran. Sedangkan di Jateng terjadi di Cilacap, Kebumen dan Purworejo. Sementara di DIY adalah Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul.

"Dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi, maka kami mengimbau kepada nelayan dan pengunjung pantai untuk waspada. Karena gelombanya tinggi. Demikian juga dengan warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tambahnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT