03 August 2022, 20:30 WIB

RSUD Kardinah Tegal Tingkatkan Layanan Publik


Supardji Rasban |

 

RUMAH Sakit Umum (RSUD) Kardinah Tegal Jawa Tengah, terus meningkatkan mutu layanan publik. Caranya dengan membuat program layanan inovasi kesehatan Kardinah Tegalverse dan menyosialisasikannya ke masyarakat luas.

Salah satu upayanya ialah melalui Lomba Foto dan Video #Kardinahtegalverse yang diikuti masyarakat umum dan internal.

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan langsung oleh Direktur  RSUD Kardinah Agus Dwi Sulistyantono, Rabu (3/8).

Agus menuturkan tujuan diadakannya lomba untuk mengenalkan ke masyarakat luas, jika RUSD Kardinah telah menghadirkan metaverse. "Harapannya masyarakat lebih memahami apa itu metaverse dalam perspektif yang lain, utamanya di layanan kesehatan."

Agus menyebut program itu merupakan upaya mengimplementasikan metaverse
dalam ranah perawatan dan kesehatan. "Kardinah Tegal Verse menjadi petunjuk mengenai berbagai layanan lokasi serta berbagai informasi mengenai RSUD Kardinah yang dapat digunakan melalui perangkat telepon pintar android."

Melalui aplikasi Kardinah Tegal Verse, paparnya, warga cukup memindai berbagai gambar yang berada di berbagai sudut RSUD Kardinah dan akan muncul bentuk tiga dimensi (3D) secara interaktif di layar telepon pintar.

"Program ini diharapkan dapat menjadi pelopor dalam memberikan suguhan berupa Rumah Sakit Heritage kepada masyarakat. Jadi masyarakat yang datang ke sini bukan hanya untuk berobat tetapi bisa juga untuk belajar dan berwisata sejarah," ucap Agus.

Ia menambahkan Kardinah Tegal mverse merupakan satu kesatuan dari program Gawe Seneng yang menjadi jargon RSUD Kardinah. Ada juga layanan lain seperti inovasi Sistem Digitalisasi (Sigita), Sistem Pengantaran Obat Tombo Teko, Loro Lunggo. Kemudian Sekolah Kardinah, Baca Rana yaitu pembacaan hasil radiologi, dan Janji Siaga Dokter
yang merupakan fakta integritas para dokter.

Sebelumnya, RSUD Kardinah Kota Tegal, resmi merilis program Kardinah Tegal Verse yang merupakan sebuah semesta maya gabungan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Program tersebut diluncurkan Wali Kota Dedy Yon Supriyono bersama Direktur RSUD Kardinah Agus Dwi Sulistyantono. (N-2)

BERITA TERKAIT