03 August 2022, 15:54 WIB

Banjir Bandang Rusak 180 Hektare Sawah di Torue


M. Taufan SP Bustan |

BANJIR bandang yang melanda Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, merusak 180 hektare sawah.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Parigi Moutong, Dadang mengatakan, dari hasil pendataan sementara ada 700 hektare sawah di Torue yang terendam banjir bandang. “Dan dari jumlah itu tercatat 180 hektare sawah yang rusak,” terangnya, Rabu (3/8).

Menurut Dadang, data tersebut masih sifatnya sementara, kemungkinan bisa bertambah seiring dengan pendataang yang terus dilakukan pihaknya.

“Pendataan masih terus dilakukan dan akan dimasukkan ke dalam basis data informasi di posko induk kebencanaan,” ungkapnya.

Dadang menyebutkan, selain kerusakan sawah, banjir bandang juga merusak jalan kantong produksi pertanian di Torue, termasuk menyumbat saluran irigasi karena endapan material lumpur.

“Upaya selanjutnya yang kami lakukan selain indentifikasi lahan, juga mengidentifikasi kebutuhan benih, pupuk serta normalisasi lahan-lahan terdampak supaya petani dapat kembali menanam,” paparnya.

Dadang menambahkan, bantuan kebutuhan sektor pertanian, akan dikordinasikan dengan Pemerintah Sulteng sehingga upaya penanggulangan cepat teratasi.

“Banjir bandang ini tidak pengaruhi target produksi tahunan daerah, sebab masih ada wilayah-wilayah sentra yang juga terus produksi,” tandasnya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT