01 August 2022, 19:25 WIB

Menteri LHK Setuju Tahura Bukit Barisan Diterobos untuk Pembangunan Jalan


Yoseph Pencawan |

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyetujui perizinan penggunaan lahan Taman Hutan Raya (Tahura) untuk pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi.

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyebutkan hal itu seusai menemui Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, di Jakarta, Senin (1/8).

Dalam keterangan tertulis disebutkan bahwa penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi sudah disetujui Menteri LHK.

"Dengan begitu, jalan alternatif yang sangat dinantikan masyarakat tersebut segera terwujud," ungkap Edy.

Gubernur mengatakan, pada prinsipnya Menteri LHK mendukung dan menyetujui rencana pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi yang melintasi Tahura Bukit Barisan. Proses perizinan penggunaan kawasan hutan Tahura juga akan dipercepat KLHK.


Baca juga: 2,5 Tahun Hiatus, Pasar Senggol Grand Candi Hotel Dipadati Pengunjung


Menurut Edy, perizinan ini memungkinkan diberikan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Saat ini permohonan penggunaan lahan sedang diproses KLHK.

Adapun pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi yang melalui Tahura masuk dalam rencana strategis Sumut. Pembangunannya digagas karena kerap terjadi kemacetan panjang pada Jalan Jamin Ginting yang menjadi jalur utama Medan-Berastagi.

Pemprov Sumut menilai kemacetan tersebut rentan memengaruhi perekonomian daerahnya. Hal itu karena jalan ini dijadikan sebagai jalur distribusi utama komoditas pertanian dari Kabupaten Karo ke Medan.

Jalur alternatif ini akan melalui rute Simpang Tuntungan-Kutalimbaru-Tandukbenua-Sembaikan-Berastagi, melintasi sekitar 16.257 meter panjang dan 15 meter lebar lahan di kawasan Tahura. Anggaran pembangunan jalan ini sudah disiapkan Pemprov Sumut dengan skema pembiayaan multiyears.

Pemprov Sumut sebenarnya merencanakan dua jalur alternatif, untuk menyiasati kemacetan jalan Jamin Ginting. Jalur alternatif lain yang
direncanakan adalah jalan dengan rute Medan-Delitua-STM Hulu (Rumah Liang)-Barusjahe (Desa Serdang). (OL-16)

BERITA TERKAIT