27 July 2022, 10:48 WIB

Warga Jatim Rasakan Cuaca Dingin, Ini Penyebabnya


Heri Susetyo, Muklis Efendi (SB) |

CUACA dingin yang dirasakan warga di wilayah Jawa Timur beberapa hari belakangan masih akan terjadi hingga bulan September 2022.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) stasiun observasi Juanda, menyebut fenomena ini disebabkan oleh adanya pergerakan angin dari Benua Australia dan ini merupakan bagian dari peristiwa alam.

Prakirawan BMKG Juanda Ahmad Rofiuk Huda mengatakan, cuaca dingin di wilayah Jawa Timur akan terjadi pada saat malam hingga pagi hari.

“Hal ini disebabkan fenomena angin monsun dari Australia yang membawa massa udara dingin dan kering melewati wilayah Indonesia,” ujar Ahmad di Sidoarjo, Rabu (27/7/2022).

Cuaca dingin juga dipengaruhi akibat tidak adanya tutupan awan langit, sehingga energi yang dipancarkan bumi akan lepas ke angkasa tanpa dipantulkan kembali ke bumi oleh awan.

Umumnya pada saat cuaca dingin beberapa masalah kesehatan dapat timbul seperti radang dan batuk. Oleh karenanya masyarakat dihimbau untuk dapat menjaga kesehatan dan suhu tubuh agar tetap hangat serta mengkonsumsi makanan maupun minuman yang bervitamin. (Mef/A-3)

BERITA TERKAIT