24 July 2022, 13:55 WIB

Peroleh WTP Lagi, BP2MI Siap Terus Berbenah Diri


Mediaindonesia.com |

BERBAGAI pembenahan terus dilakukan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani demi untuk memperbaiki pelayanan publik. Salah perbaikan itu yakni dalam hal pengelolaan keuangan.

Hasilnya kini memang dirasakan. Satu demi satu mereka mulai mendapat penghargaan. Salah satunya BP2MI meraih penghargaan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Untuk level Kementerian Lembaga (KL), capaian ini tidak mudah didapatkan. Menurut Inspektur BP2MI, Firdaus Zazali, SE.,MM, pemeriksaan BPK terhadap BP2MI dengan hasil terbaik merupakan buah dari pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan.

"Dari sisi penilaian pengelolaan keuangan, BP2MI mendapatkan hasil memuaskan. Opini terbaik, bahwa kualitas pengelolaan keuangan dapat dipertanggungjawabkan walaupun masih ada permasalahan yang tidak signifikan. Kita dinilai mampu dan berhasil," ujar Firdaus.

Disampaikannya bahwa sejak  2008 sampai 2021, dari BNP2TKI hingga BP2MI, lembaga itu memperoleh penghargaan WTP. Firdaus menyampaikan BPK berperan mengukur dan mengevaluasi cara kerja kementerian dan lembaga dalam kaitannya dengan tata kelola anggaran.

"BPK mau mengetahui bagaimana cara kerja mengelola keuangan dari kementerian/ lembaga. BP2MI selalu mendapatkan opini WTP sejak 2008, hanya 2013 saja yang sempat mendapatkan opini WDP,” ujar Firdaus.

Selain bangga, ia menyampaikan ucapan selamat atas kerja kolektif dari seluruh jajaran pejabat dan pegawai di BP2MI. Sehingga WTP dapat diraih kembali. Ia pun berjanji pihaknya akan terus menerus melakukan perbaikan dan pembenahan. "Selamat atas capaian memperoleh opini WTP dari BPK RI," ujarnya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT