24 July 2022, 19:31 WIB

Spot Wisata Eksotis di Flotim Terbakar


Fransiskus Gerardus |

KEBAKARAN hutan dan lahan terus meluas di Padang Savana Kurubaung, salah satu spot wisata eksotis di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kebakaran itu meluas dalam tempo seminggu setelah terjadi beberapa kali pada Minggu (24/7).

Kebakaran hutan dan lahan tepatnya di Padang Savana Kurubaung, salah satu spot wisata di Ujung Pulau Flores Timur, Desa Sinar Hadigala, Kecamatan Tanjung bunga, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Pantauan di lokasi, asap membumbung tinggi di kawasan Padang Kurubaung dipenuhi rumput ilalang yang indah terbakar.

Baca juga: Selesai Dibangun, RS Adonara akan Beroperasi pada 2023

Api cepat membakar dan meluas karena kondisi  tanah yang penuh rerumputan kering disertai angin kencang. Diperkirakan lebih dari ratusan hektare hutan dan lahan terbakar.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sinar Hadigala, Daniel Kajuwuan Kelen, menjelaskan, dalam seminggu terakhir, kebakaran hutan dan lahan di padang savana sudah terjadi beberapa kali. Akibat kebakaran hutan itu, ia bersama para kelompok tani di sekitar lokasih kebakaran merasa khawatir kobaran api akan mrambat ke pemukiman wilayah pertanian lainnya.

Terpisah, Mikel Maga, salah satu warga, mengaku saat melintas menyaksikan kejadian kebakaran tersebut. Ia menjelaskan daerah itu langganan kebakaran setiap tahun ketika memasuki musim kemarau.

Ia menduga api terjadi akibat warga membuang puntung rokok. (OL-1)

BERITA TERKAIT