22 July 2022, 13:45 WIB

DMI Siapkan Tiga Agenda agar Masyarakat Kembali ke Masjid


Lina Herlina |

DEWAN Masjid Indonesia (DMI) yang dipimpin mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla sedang menyiapkan tiga agenda menjelang usia ke 50, agar masyarakat, khususnya muslim untuk kembali ke masjid.

Menurut Kalla, tiga agenda DMI tersebut, yaitu program masjid membangun masjid, Dewan Masjid Indonesia Award, dan pembentukan lembaga amal zakat dan wakaf.

"Saat ini, telah banyak terjadi perubahan gaya hidup yang mendasar akibat adanya pandemi Covid-19, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari," jelas Kalla.

Ketua Departemen Kominfo Arsitektur Infrastruktur Pengurus Pusat DMI,  Achmad Sugiarto saat berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menjelaskan, program-tersebut sesuai tuntutan teknologi yang begitu cepat, ditambah life style generasi baby boomer, milenial, hingga gen Z.

Sehingga perlu didorong kolaborasi Gerakan Ekosistem Nasional Masjid, untuk mengakselerasi program Masjid Membangun Masjid, Kembali Ke Masjid, dengan memberikan pelatihan gratis digital umat, baik offline maupun online, agar masyarakat kembali ke masjid.

"Kita mulai di Kota Makassar, masjid mana yang lingkungannya butuh pelatihan, hingga pengajar/dai yang ingin berkolaborasi untuk umat. Pendaftaran bisa dilakukan melalui www.kembalikemasjid.id. Kita juga memberi cloud gratis untuk inovasi Umat melalui www.awanindonesia.com," lanjut Sugiarto.

baca juga: JK: Kekuatan Masjid Bisa Atasi Isu Islam Radikal

Dia menambahkan gerakan ini merupakan ekosistem kolaborasi pelatihan umat di masjid, dengan kegiatan pelatihan gratis, berupa desain grafis class, animasi class, editing video class, softskill and public speaking class, cakap digital (Optimasi Sosial Media) class spesial for masjid dan web gratis untuk masjid.

Sementara Shobirin, Ketua Harian Gerakkan Ekosistem Masjid Membangun Masjid Kembali ke Masjid menyebutkan, ke depannya pasti akan banyak kolaborasi nasional dan internasional akan terjadi, dalam rangka mewujudkan memakmurkan masjid ke seluruh pelosok negeri. (N-1)

 

BERITA TERKAIT