21 July 2022, 17:55 WIB

Kalsel Siap Sukseskan Gernas BBI untuk Majukan Produk Lokal


Denny S |

KEGIATAN Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) menjadi peluang emas untuk menggalakkan dan memajukan produk-produk lokal. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan siap mensukseskan Gernas BBI yang berlangsung di Banjarmasin, 22-24 Juli.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menegaskan, provinsinya siap menyukseskan even nasional tersebut. "Gernas BBI menjadi peluang emas
untuk menggalakan dan memajukan produk-produk andalan daerah," ungkap Sahbirin di Banjarmasin, Kamis (21/7).

Hal serupa juga dikemukakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kalsel, Rusdi Hartono. Menurutnya, dari kegiatan Gernas BBI ini diharapkan dapat mendorong kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kalsel hingga mampu menjangkau pasar ekspor.


Baca juga: Kalteng Patungan Perbaiki Anjungan di TMII


UMKM juga difokuskan masuk ke dalam ekosistem digital dan peningkatan jumlah transaksi produk lokal melalui marketplace dan e-commerce. Di Kalsel tercatat lebih dari 470 ribu UMKM dengan beragam produk dan usaha.

Kegiatan Gernas BBI yang dipusatkan di Kantor Gubernur dan Taman Siring Nol Kilometer Kota Banjarmasin, tepi Sungai Martapura ini juga akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan seperti sasirangan fashion show, pameran dan talkshow seputar produk UMKM, pameran foto, jukung hias, serta pasar terapung.

Gernas BBI Kalsel didukung sejumlah kementerian dan diharapkan mampu menarik investor. Sejumlah menteri dijadwalkan dalam kegiatan ini di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (OL-16)

BERITA TERKAIT