21 July 2022, 16:45 WIB

Babel Dapat Tambahan 10 Ribu Dosis Vaksin PMK


Rendy Ferdiansyah |

PROVINSI Bangka Belitung (Babel) mendapatkan tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 10 ribu dosis. Vaksin tersebut akan segera disebar ke berbagai wilayah di Babel.

"Target kita sapi yang di vaksin itu sebanyak 15 ribu ekor. Saat vaksin yang sudah kita terima sebanyak 10.800 dosis," kata Kepala Dinas pertanian dan ketahanan pangan (DPKP) Provinsi Babel Edi Romdoni, Kamis (21/7).

Ia menyebutkan rencananya 10 ribu vaksin tambahan jni akan segera dibagikan ke 6 kabupaten/kota. "Nanti langsung kita distribusikan ke kabupaten/kota. Namun, kita belum menetapkan berapa jatah perkabupaten kota, sebab harus dirapatkan dulu," ujarnya.

Ia mengaku setiap kabupaten/kota tidak sama dapatnya tergantung populasi sapi yang ada. "Dari 800 vaksin yang kita terima sebelumnya, Pangkalpinang tidak mendapatkannya. Tapi untuk tahap dua ini dipastikan akan mendapatkan vaksin," ungkap dia.

Ia mengaku, 10 ribu dosis vaksin PMK yang diterima tersebut hanya di  peruntukan bagi seluruh sapi yang sehat bukan yang sakit atau baru sembuh dari PMK. "Tujuan kita sapi sehat kalau dj vaksin untuk menambah kekebalan tubuh sapi itu sehingga tidak terpapar PMK,"terangnya.

Ia menambahkan jumlah kasus PMK di Babel 3828 ekor. Dengan rincian untuk sapi 3548 ekor sedangkan kambing 280 ekor. "Total kasus PMK di Babel sebanyak 3828 ekor," terangnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT