21 July 2022, 13:45 WIB

Edukasi Bersih Pantai di Pelabuhan Rakyat harus Berkesinambungan


Lina Herlina |

PELABUHAN Paotere Kota Makassar, Sulawesi Selatan merupakan pelabuhan rakyat yang aktivitasnya cukup tinggi. Aktivitas bongkar muat barang dan penumpang terjadi di sana yang melayani penyeberangan antarpulau di Sulsel.

Gerakan Menghadap Laut Dalam Pencegahan Sampah yang Dapat Merusak Ekosistem Perairan pun diangkat sebagai tema kegiatan, dilakukan dalam aksi membersihkan sampah di wilayah pesisir dan laut agar terciptanya lingkungan yang sehat, yang kali ini digelar di Pelabuhan Paotere.

Menurut Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis, pihaknya bersama Ocean Trip, usaha yang bergerak dalam pengembangan objek wisata, melakukan aksi bersih pantai di Pelabuhan Paotere. Selain itu, juga diberikan edukasi untuk membuang sampah tidak di laut sangat penting dilakukan.

"Mengingat pentingnya pemahaman tentang menjaga ekosistem bagi masyarakat. Aksi bersih pantai sejalan dengan upaya Pelindo dalam rangka menjadikan lingkungan pelabuhan yang bersih, rapi dan nyaman," jelas Enriany.

“Selama ini kami selalu berupaya membuat pengunjung terutama penumpang kapal merasa aman dan nyaman selama berada di pelabuhan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan selalu membuat pelabuhan menjadi bersih dan rapi sehingga terasa nyaman,” sambungnya.

Sementara Founder Ocean Trip, Ichsan Ashari Achmad menuturkan, tujuan kegiatan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. “Selain itu untuk merealisasikan bentuk pencegahan bencana alam di wilayah laut, dan mengimplentasikan kegiatan nyata bagi masyarakat luar untuk menjaga lingkungan,” tuturnya.

Dipilihnya Pelabuhan Paotere sebagai lokasi, karena lokasi itu menggambarkan situasi alur transportasi terjadinya aktivitas masyarakat. Pelabuhan Paotere perlu diadakan kegiatan bersih pantai dikarenakan pada daerah pelabuhan sering melakukan aktivitas bongkar muatan barang yang mengakibatkan bertumpuknya berbagai sampah.

Melalui kegiatan aksi bersih pantai ini, Ichsan berharap agar dapat membantu masyarakat khususnya di sekitar Pelabuhan Paotere, akan pentingnya menjaga lingkungan, khususnya menjaga ekosistem di perairan. (OL-13)

Baca Juga: Siswa SD yang Dipaksa Temannya Setubuhi Kucing Alami Depresi dan Meninggal

BERITA TERKAIT