19 July 2022, 22:35 WIB

Ada Pemasangan Grinder Tol, Arus Lalu Lintas Semarang-Demak Dialihkan


Akhmad Safuan |

SELAMA sepekan ke depan mulai Rabu (20/7) besok hingga Rabu (27/7) mendatang pada malam hari arus lalu lintas Tol Semarang-Demak akan dialihkan ke jalur alternatif, karena adanya pemasangan grinder pembangunan jalan tol di pantai utara (pantura).

Pemantauan Media Indonesia di lapangan pada Selasa (19/7), pembangunan jalan tol ruas Semarang-Demak terus berlanjut. Ratusan pekerja siang malam tampak sibuk melakukan pemasangan cor dan penimbunan di beberapa titik lokasi rencana tol sepanjang 24,74 kilometer tersebut.

Saat ini, para pekerja telah bersiap dengan pekerjaan memasuki tahap pemasangan grinder di jalur pantura. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas, pekerjaan tersebut dilakukan pada malam hari mulai pukul 22.00-05.00 WIB mengingat ruas pantura Semarang-Demak cukup padat setiap harinya.


Baca juga: Pemotor di Suramadu Dialihkan ke Jalur Roda 4


"Selama sepekan untuk menghindari kemacetan panjang berdasarkan koordinasi dengan pelaksanaan pemasangan grinder tol dilakukan malam hari," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Demak Ajun Komisaris M Gargarin Friyandi.

Selain pemasangan dilakukan malam hari saat lalu lintas tidak terlalu padat di jalur pantura, lanjut Gargarin, juga disiapkan jalur alternatif terutama untuk kendaraan berukuran sedang dan kecil.

"Kami mohon maaf jika perjalanan terganggu selama sepekan pemasangan grinder tol," tambahnya.

Jalur alternatif disiapkan selama pemasangan grinder tol, ungkap Gargarin, yakni untuk kendaraan dari arah timur (Demak) akan dialihkan ke ruas pertigaan Butaran, Guntur, Karangawen, Onggorawe, Bulusari Mranggen, dan Semarang.

Sedangkan kendaraan dari arah barat (Semarang) akan diarahkan ke jalur alternatif mukai Simpang Pertigaan Genuk, Banjardowo Bulusari, Onggorawe, dan keluar di jalur pantura lagi. (OL-16)

BERITA TERKAIT