19 July 2022, 10:30 WIB

Evakuasi Pesawat TNI AU yang Jatuh di Blora Dilanjutkan


Akhmad Safuan |

PROSES evakuasi serpihan pesawat tempur TNI AU T-50i Golden Eagle yang jatuh di pegunungan Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora kembali dilanjutkan setelah sebelumnya sempat dihentikan karena medan berat dan kondisi gelap.

Pemantauan Media Indonesia Selasa (19/7) petugas dari Kodim 0721 Blora, Polres Blora, Basarnas dan BPBD Blora kembali lanjutkan evakuasi terhadap serpihan peaawat tempur TNI AU T-50i Golden Eagle ysng jatuh di pegunungan Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora pada Senin (18/7) sekitar pukul 19.25 WIB.

Sebelumnya setelah peristiwa tersebut terjadi, petugas langsung meluncur ke lokasi yang berjarak 80 kilometer dari ibukota Blora (dekat perbarasan Ngawi) dengan menempuh perjalanan selama tiga jam, karena selain jalan yang rusak juga medan tempat jatuhnya pesawat tersebut cukup berat.

Namun proses evakuasi terhadap pesawat tersebut dihentikan karena medan yang cukup berat dan kondisi gelap, petugas hanya mengumpulkan serpihan pesawat di satu titik guna mempermudah evakuasi selanjutnya. "Untuk korban gugur yakni satu orang yakni Lettu Pnb Allan Safitra Indera W sudah dievakuasi makam itu juga," kata Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy
Soelistyo Kurniawan Putro.

Saat evakuasi pada malam itu, ungkap Dandim 0721 Letkol Andy, kondisi korban belum dapat diidentifikasi secara lengkap karena kondisi pesawat yang hancur meledak, namun tubuh korban sudah dapat ditemukan dan dimasukkan dalam kantong jenazah serta dibawa turun.

Sedangkan evakuasi terhadap pesawat dihentikan sementara, lanjut Andy, karena kondisi lokasi tempat jatuhnya pesawat yang sedang menjalankan misi latihan malam teesebut cukup gelap dan medan berat. "Evakuasi pesawat kita lanjutkan pagi ini hingga selesai nanti," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui pesawat tempur milik TNI AU T-50i Golden Eagle melakukan latihan terbang malam dari Lanud Iswahjudi Madiun pukul 18.24 WIB, namun hilang kontak dengan Flight director sekitar pukul 19.25 WIB hingga ditemukan jatuh di sebuah pegunungan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora. (OL-13)

Baca Juga: Pesawat TNI AU Jatuh di Blora Saat Latihan Terbang Malam

BERITA TERKAIT