10 July 2022, 22:03 WIB

Warga Muba Lebih Senang Dapat Besek dan Pelepah Pinang Daripada Daging Kurban


Dwi Apriyani |

TARGET Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi agar Kabupaten Muba bebas penggunaan kantong plastik saat Idul Adha direspon positif oleh berbagai kecamatan.

Anyaman bambu, pelepah pinang hingga daun kelapa sawit pun ramai digunakan untuk wadah daging kurban yang dibagikan ke masyarakat, Minggu (10/7).

"Kami juga senang dapat anyaman bambu, bisa disimpan untuk kebutuhan lain," ucap Hasmawati, warga Babat Supat, saat menerima daging kurban pemberian Kecamatan Babat Supat.

Senada diungkapkan Camat Lalan Andi Suharto, ia menyebut banyak warga yang meminta tambahan anyaman bambu atau besek ketika timnya membagikan daging kurban.

"Ada juga warga yang meminta anyaman bambu kosong untuk kebutuhan lain, ini juga bagian upaya kami merealisasikan arahan pak Bupati Apriyadi untuk menekan sampah kantong plastik," ucap Andi.

Sementara itu, Camat Bayung Lencir M Imron memanfaatkan pelepah pinang untuk pengganti kantong plastik yang juga disambut antusias oleh masyarakatnya.

"Sepertinya warga lebih antusias mendapatkan pelepah pinang daripada daging kurbannya, karena banyak juga yang minta dilebihkan pelepah pinangnya bukan malah daging kurban," kata Imron.

Baca juga: Ini Keunggulan Besek Bambu untuk Bungkus Daging Kurban

Pj Bupati Muba Apriyadi menyebutkan upaya memaksimalkan pengurangan pemakaian kantong plastik merupakan bagian untuk menjaga lingkungan.

"Selain itu, kita dapat mendukung pelaku UMKM pengrajin anyaman bambu dan pelepah pinang," terangnya.

Apriyadi menambahkan, meminimalisir pemakaian kantong plastik juga bagian dari komitmen Presiden RI Joko Widodo.

"Oleh sebab itu berangsur kita harus mulai dari sekarang mengurangi pemakaian kantong plastik," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT