09 July 2022, 18:25 WIB

Apdesi Ingin Mainkan Peran Dalam Pembangunan IKN


Denny Susanto |

PEMBANGUNAN Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah di kawasan tengah Indonesia. Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) ingin ikut memainkan peran dalam pembangunan IKN.

"Kita menyambut positif pembangunan IKN di Kalimantan atau Tanah Borneo yang kita harapkan dapat memberikan keuntungan, baik dari sisi ekonomi, ketenagakerjaan, politik, budaya dan lainnya. Di masa depan kehidupan masyarakat ikut terangkat bahkan akan jadi pemain utama dan tidak lagi menjadi penonton," tutur Ketua Apdesi Kabupaten Tabalong, Mujiono.

Kabupaten Tabalong merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan IKN di Kalimantan Timur. Dikatakan Mujiono, terkait pembangunan IKN ini, Apadsi siap ambil bagian dan berperan dalam pembangunan IKN.

"Desa-desa akan berada di baris depan sebagai penyangga IKN. Karena itu kita wajib mempersiapkan segala sesuatu seperti SDM, SDA, Pariwisata hingga keluasan teritorial," tambah Mujiono optimistis.

Terkait peningkatan peran desa dalam pembangunan IKN ini, beberapa waktu lalu sudah ada kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalsel dengan DPMPD Provinsi Kalimantan Timur untuk membangun kawasan perdesaan di daerah penyangga IKN. "Sudah ada MoU untuk membangun kawasan pedesaan kawasan IKN di Kalsel dan Kaltim," ungkap mantan Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkipli yang kini menjabat Kepala Dinas Dukcapil dan KB Kalsel.

Desa-desa di wilayah sekitar IKN seperti di Kecamatan Tanjung,n Kabupaten Tabalong, Kalsel dengan desa-desa di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kaltim menjalin kerja sama membangun usaha bersama menjadi sebuah kawasan perdesaan. "Sebagai daerah penyangga IKN desa-desa sekitar harus maju bersama agar dapat mengikuti laju pembangunan IKN itu sendiri," katanya.

Di sisi lain, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menegaskan bahwa pembangunan ibu kota negara di Kaltim oleh pemerintah pusat akan memberikan multi efek luar biasa bagi kemajuan di daerah sekitar termasuk Kalsel. Sebagai pintu gerbang IKN, Kalsel memposisikan diri sebagai daerah penyangga IKN terutama ketahanan pangan. (OL-15)

BERITA TERKAIT