07 July 2022, 21:47 WIB

Pemkot Palembang Telah Keluarkan 3.000 SKKH


Dwi Apriani |

JELANG Hari Raya Idul Adha 1443 H, Pemerintah Kota Palembang, Sumsel  memastikan hewan kurban yang dijualbelikan bebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hingga kini, Pemkot Sumsel telah mengeluarkan sekitar 3.000 Surat KeteranganKesehatan Hewan (SKKH). Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti menyebut tidak ada lagi ditemukannyan sapi atau kambing di Kota Palembang yang terinfeksi PMK. Kondisi itu telah terjadi sejak pihaknya menurunkan tim untuk memeriksa semua hewan ternak yang ada.

"Mulai dari H-15 lalu, kita sudah turunkan tim dan mengecek setiap sapi, apabila sehat dan layak dikurban maka akan diberi SKKH," katanya.

Sayuti menambahkan, pengecekan tim di lapangan akan terus berlanjutn hingga H-1 Idul Adha. Apalagi, saat ini masih ada sekitar 1.000 lebih hewan ternak yang masih akan diperiksa dan belum mendapatkan SKKH.

Terkait vaksinasi PMK, Sayuti mengungkapkan saat ini sudah sekitar 100 sapi yang mendapatkan vaksin, terutama pedet atau sapi anakan. "Untuk vaksinasi kita cukupkan dahulu, nanti akan dilanjut lagi setelah Iduladha, karena memang yang diwajibkan vaksin ini adalah anakan sapi," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT