07 July 2022, 19:24 WIB

Polisi Amankan Ratusan Pengikut Pelaku Pencabulan MSAT 


Faishol Taselan |

MESKI telah mengerahkan ratusan personel, Polda Jawa Timur (Jatim) kembali gagal menangkap MSAT. Pihak kepolisian hanya mengamankan 320 orang pengikut MSAT, yang kini diamankan di Polres Jombang.

"Kita sudah mengamankan 320 simpatisan MSAT. Saat ini, mereka kita pilah-pilah," jelas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, Kamis (7/7).

Baca juga: Buntut Kasus Pencabulan, Kemenag Cabut Izin Pesantren Shiddiqiyyah Jombang

Menurutnya, ratusan simpatisan bukan hanya dari Jombang, namun juga luar kota. Bahkan, ada yang berasal dari Lampung. "Kami mengimbau keluarga MSAT koperatif. Membantu polisi dalam upaya pencarian ini," imbuh Dirmanto.

Petugas kepolisian terus mencari DPO kasus pencabulan terhadap santri di Pondok Pesantren Shiddiqiyah, Jombang, yakni MSAT. "Ruangannya sangat banyak. Pencarian terus kita lakukan," katanya.

Baca juga: DPR Dukung Penangkapan Predator Seksual di Jombang

Dirmanto kembali menegaskan bahwa pihak yang menghalangi petugas dalam proses penyidikan, bisa dijerat pidana. Saat ini, keluarga MSAT tengah diperiksa kepolisian terkait sejuah mana peran dalam menyembunyikan pelaku.

Adapun MSAT merupakan anak seorang kiai di Kecamatan Ploso, Jombang, Jawa Timur. Pada Oktober 2019, MSAT dilaporkan ke Polres Jombang atas dugaan pencabulan terhadap perempuan di bawah umur asal Jawa Tengah.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT