07 July 2022, 10:00 WIB

Di Sleman Tercatat 62 Titik Penjualan Hewan Kurban Perorangan


Agus Utantoro |

DINAS Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman mendata hingga Rabu (6/7) tercatat tempat penjualan ada di 89 titik, diantaranya da 62 titik milik peroarangan.

Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono menjelaskan tempat-tempat penjualan ini meliputi lokasi kandang kelompok 26 titik, perseorangan 62 titik dan di pinggir jalan 1 titik. Jumlah ternak yang dijual tercatat sapi 1.075 ekor, domba 510 ekor, dan kambing 100 ekor.

"Pedagang ternak di penggir jalan sangat sedikit karena resiko terkait PMK," kata Suparmono.

Sementara surat keterangan kesehatan hewan atau. SKKH yang sudah diterbitkan  terkait dengan kurban 55 surat.

Suparmono menambahkan untuk layanan kepada masyarakatt rekomendasi pemotongan diluar RPH, kewenangan di serahkan ke UPTD Balai Penyuluh Pertanian, Pangan dan Perikanan (BP4) agar lebih dekat ke masyarakat), saat ini sedang berproses.

Menghadapi Idul Adha ini, imbuhnya, total petugas yang terlibat dalam pemantauan pemotongan 289 orang, yang terdiri dari staf dinas 166 orang, kader Keswan (Kesehatan Hewan) 78 orang, dokter hewan praktik mandiri 15 orang, mahasiswa FKH UGM 30 orang. Jadwal pengawasan pemotongan : Ante mortem mulai 7 dan 8 Juli sedangkan Post mortem dari tanggal 9 sampai 12 Juli. (OL-13)

Baca Juga: Ponpes Raudlatul Irfan Sukses Olah Limbah Aren untuk Budidaya Jamur Merang

BERITA TERKAIT