06 July 2022, 21:02 WIB

Jelang Idul Adha 1443 H, Ojek Kambing di Kudus Kebanjiran Order


Jamaah |

MENJELANG Hari Raya Idul Adha 1443 H atau 2022 menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa ojek kambing di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dibanding hari biasa penghasilan mereka meningkat berlipat, dari mengantarkan kambing ke tempat pembeli kambing.

Seperti dalam pantauan di Ternak di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kudus, Rabu (6/7/2022). Belasan penyedia jasa ojek kambing nampak mangkal di sekitar pasar, sesekali keluar mengirimkan order menggunakan sepeda motor yang dimodifikasi menggunakan keranjang dibelakangnya.

Sholeh salah satunya, menjelang hari raya ketika bertepatan dengan momen pasar ternak buka, sejak pagi ia sudah bersiap untuk melayani pengiriman hewan kambing. Pria yang 50 tahun yang telah menjadi penyedia jasa ojek kambing sejak 1992 itu mengaku, setiap momen jelang Idul Adha banyak permintaan pengiriman hewan kambing untuk kurban.

"Waktunya ya memang sekarang, sepekan sebelum Idul Adha sudah mulai banyak order mengirim hewan ternak," kata Sholeh saat ditemui Media Indonesia di Pasar Ternak Desa Jurang, Gebog, Kudus, Rabu (6/7).

Dibanding hari biasa ketika momen pasaran ternak ia hanya mampu mengirim 1 hingga 2 ekor kambing. Namun momen kali ini ia bisa mengirim kambing sebanyak 5 hingga 8 hewan kambing, baik untuk kurban maupun peternak.

"Tarifnya itu tergantung jaraknya juga, ya sekitar 20 hingga 30 ribu per ekor kambingnya," ujarnya.

Selain mangkal di tempat parkir Sholeh bersama belasan ojek kambing lainnya biasanya juga menawarkan jasanya langsung kepada pelanggan yang tengah bertransaksi.

Sementara Solikhin salah satu pengguna jasa ojek kambing menuturkan, keberadaan ojek kambing cukup membantu. Tarifnya yang cukup terjangkau, tanpa repot membawa kambing sendiri ternak yang dibeli bisa langsung diantar sampai rumah.

"Biasanya itu kalau beli kadang sudah satu paket dengan penjual kambingnya. Jadi ya kalau bawa motor tidak repot-repot bawa kambingnya. Sudah bisa diantar langsung kerumah. Ya cukup terbantu lah," ungkapnya. (OL-13).

 

BERITA TERKAIT