06 July 2022, 20:15 WIB

Tiga Penambang Batu Sinabar Tertimbun Longsor belum Ditemukan


Mediaindonesia.com |

TIGA penambang batu sinabar (cinnabar) yang tertimbun longsor di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, belum ditemukan. Ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henri Far Far.

"Berdasarkan laporan yang kami terima dari Satlak PB Kabupaten SBB, tiga orang telah ditemukan meninggal dunia sementara tiga lain masih dalam proses pencarian," katanya di Ambon, Rabu (6/7).

Awalnya dilaporkan ada sembilan orang di lokasi tersebut. Namun tiga penambang berhasil selamat saat terjadi longsoran. Enam lain tertimbun longsor.

Baca juga: Puluhan Makam Ambles akibat Hujan Deras di Bengkulu 

Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan banjir dan tanah longsor. "Ada dua lokasi di Kabupaten SBB yang terdampak bencana tersebut, yakni Desa Hulung dan Desa Iha. Sejak Senin (4/7) hingga Selasa (5/7) jalan penghubung terendam banjir dan enam tertimbun longsor," ucapnya. 

Sejumlah warga terdampak bencana alam banjir dan tanah longsor di Dusun Uhe, Desa Luhu di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, juga mendapatkan penyaluran bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan peralatan masak dari pemkab setempat.

Baca juga: Penambang Ilegal Gunung Tambaga Tertimbun Longsor dan Terbawa Banjir

Penyaluran bantuan awal tersebut dilakukan Kadis Sosial Kabupaten SBB Josep Sapasuru yang langsung meninjau lokasi bencana alam. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT