05 July 2022, 21:20 WIB

Wakil Gubernur Sumatra Utara Janji Pertemukan Rektor USU dan Dubes Rumania


Yoseph Pencawan |

 

WAKIL Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah berjanji kepada Dubes Rumania untuk mempertemukannya dengan Rektor Universitas Sumatra Utara Muryanto Amin. Pertemuan itu sebagai langkah awal penjajakan kerja sama
di sektor pendidikan.

Janji itu dilontarkan Ijeck, panggilan akrab Musa, saat bertemu Dubes Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Balanescu, di kantor Gubernur Sumut, kemarin.

Pertemuan itu membahas berbagai hal seputar potensi kerja sama antara
Rumania dengan Sumatra Utara, termasuk di sektor pendidikan. Pada
kesempatan tersebut Balanescu sempat bertanya kepada Ijeck mengenai
perguruan tinggi dan bidang keilmuan terbaik yang dimiliki Sumut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ijeck mengatakan bahwa perguruan tinggi
terbaik yang ada di provinsinya adalah Universitas Sumatera Utara (USU). Sementara bidang keilmuan yang menjadi favorit di USU adalah Fakultas Kedokteran.

Menurut Ijeck, saking favoritnya, mahasiswa kedokteran USU saat ini bukan hanya dari dalam negeri. Namun juga banyak yang berasal dari berbagai negara lain di dunia, seperti Malaysia, India hingga Jepang.

"Kalau Mr Balanescu punya waktu panjang di Medan, nanti saya akan pertemukan dengan Rektor USU," kata Ijeck.

Selain pendidikan, pada pertemuan itu keduanya juga membahas beberapa
potensi kerja sama di sektor lain. Yakni sektor pariwisata, budaya,
infrastruktur serta pertanian dan perkebunan.

Balanescu mengungkapkan kedatangannya ke Sumut adalah untuk melihat potensi apa saja yang berpeluang dikerjasamakan dan juga mengenalkan
potensi-potensi negaranya.

Selain otomotif, Rumania juga memiliki kekuatan di sektor pendidikan dan pariwisata. Dia melihat Sumut pun memiliki potensi di sektor-sektor
tersebut sehingga dia optimistis keduanya dapat menjalin kerja sama lebih luas lagi.

Ijeck sependapat dengan Balanescu, terlebih selama ini Sumut sebenarnya
sudah memiliki ikatan dengan Rumania di sektor perdagangan. Hingga kini Sumut masih menjadi pemasok margarin ke Rumania sebanyak 70 ton
per tahun.

Selain itu, Rumania juga masih menjadi pasar ekspor kayu manis dari Sumut. Karena itu Ijeck memiliki keyakinan serupa dengan Balanescu bahwa peluang kerja sama dapat dijalin.

Kepada Balanescu, Ijeck juga menyampaikan saat ini provinsinya sedang giat melakukan pembangunan infrastruktur pendukung investasi. Salah satunya adalah Pelabuhan Kuala Tanjung, sebagai Pelabuhan Hub Internasional, yang akan diintegrasikan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Kemudian pembangunan jalur Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung yang sedang berjalan, serta pengembangan Pelabuhan Belawan.

Di sektor perkebunan, Sumut masih bertengger sebagai provinsi penghasil CPO terbesar kedua di Indonesia, setelah Kalimantan. CPO hingga kini masih menjadi komoditas ekspor utama bagi Sumut. (N-2)

BERITA TERKAIT