05 July 2022, 19:30 WIB

Lomba Masak Antarpejabat Angkat Tauco sebagai Kuliner Khas Cianjur


Benny Bastiandy |

PARA pejabat eselon 2 setingkat kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 'menanggalkan' seragam resmi aparatur sipil negara (ASN) yang biasa dikenakan saat bekerja sehari-hari.

Aksi itu bukan merupakan bentuk protes terhadap aturan kepegawaian, tapi mereka hendak berjibaku mengikuti lomba memasak.

Kegiatan itu merupakan bagian rangkaian Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-345. Kegiatannya dipusatkan di halaman parkir komplek Pemkab Cianjur, Selasa (5/7).

Para pejabat itu berganti pakaian menggunakan apron alias celemek lengkap dengan topi. Bak perlombaan memasak, usai aba-aba dari  panitia, mereka pun langsung mengolah masakan sesuai menu yang dipilih.

Mereka diberi waktu sekitar 45 menit mengolah masakan. Pegawai lain dari masing-masing dinas menjadi tim sorak yang menyemangati.

Acara semakin bertambah meriah dengan kedatangan presenter sekaligus komedian Fergy atau dikenal sebagai Ncess Nabati. Dengan guyonannya, Ncess menggoda para peserta yang notabene merupakan kaum adam.

Ncess Nabati ikut memantau menu olahan masakan. Sesekali ia memberikan tips cara memasak bahan yang digunakan para peserta.

Usai para peserta menyelesaikan olahan masakan, Ncess Nabati pun mengicip-icip. Sesekali Ncees Nabati memberikan komentar 'pedas' seperti Chef Juna, namun dengan guyonan. Komentarnya disambut gelak tawa.

"Ih ngelel (keasinan) masakannya," kata Ncess usai mencicipi masakan.


Baca juga: Ekskavasi Dwarapala Temukan Fakta Gapura Kerajaan Singasari


"Bapak-bapak, kalau mengolah masakan menggunakan tauco, alangkah baiknya tidak terlalu banyak menggunakan garam. Pada dasarnya kan tauco itu kental dan sudah asin karena merupakan fermentasi dari kacang kedelai. Jangan juga terlalu lama masaknya karena akan jadi pahit rasanya," jelas Ncess.

Tak ada rasa geram atau kesal dari para peserta ketika mendapatkan masukan dan Ncess Nabati. Mereka hanya tertawa dan mengangguk-anggukan kepalanya.

Bupati Cianjur Herman Suherman pun ikut mencicipi setiap olahan masakan. Ia mengaku bangga dengan anak buahnya yang ternyata di balik kesibukan bekerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat bisa menyajikan masakan hasil olahan sendiri.

"Ini kursus private dulu enggak ke istri-istrinya?" kata Herman sambil tertawa.

Herman mengapresiasi tema masakan mengangkat komoditas potensi lokal yakni tauco. Tauco sendiri merupakan olahan fermentasi dari kacang kedelai yang selama ini menjadi ciri khas Kabupaten Cianjur.

"Masakannya enak-enak walaupun sepertinya para kepala dinas baru pertama mengolah masakan. Saya saran kepada tim juri, untuk penilaian cari masakan yang unik," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan lomba memasak para kepala dinas merupakan rangkaian kegiatan HJC ke-345. Sebelumnya pada Senin (4/7), digelar juga lomba fashion show antarperangkat daerah dengan mengangkat tema motif batik khas Cianjur.

"Sekarang pada lomba masak kita angkat juga kuliner khas Cianjur yakni
tauco," pungkasnya. (S-2)

 

BERITA TERKAIT