01 July 2022, 19:45 WIB

PT Timah Bangun Rumah Korban Puting Beliung di Bangka Tengah


Rendy Ferdiansyah |

PT.Timah Tbk membangun Rumah Layak Huni untuk Hatijah (65) korban puting Beliung di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (1/7). Rumah milik Hatijah sebelumnya rata dengan tanah akibat puting beliung akhir maret lalu.

Penyerahan RTLH ini turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Ketua DPRD Bangka Tengah Me Hoa, Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita, Camat Pangkalan Baru Roy Haris dan Perangkat Desa Kebintik.

Tinggal seorang diri dan hanya bekerja sebagai pembuat kue, membuat Hatijah tak berhenti berdoa agar bisa mendapatkan pertolongan Allah untuk bisa memperbaiki rumahnya. Berkat dooanya, ternyata tidak hanya diperbaiki namun rumahnya dibangun kembali.

"Sedih-sedih bahagia, Alhamdullillah rumahnya dibangun kembali oleh Allah melalui PT Timah Tbk," kata Hatijah.

Hatijah mengatakan, rumah yang ditinggalinya itu merupakan rumah peninggalan orang tuanya. Sehingga dirinya tak henti-hentinya bersyukur karena rumah barunya yang berukuran 6X6 sudah berdiri dengan kokoh.

"Saya enggak pernah terbayangkan bisa bangun rumah kembali, kalau punya keinginan iya. Dulu kalau lewat rumah orang, kapan ya bisa punya rumah yang enggak bocor. Mungkin saya diuji dulu oleh Allah rumahnya roboh karena puting beliung lalu dibangun lagi sama PT Timah Tbk," ucapanya.

Baginya, dibangunnya kembali rumahnya merupakan hadiah yang sangat luar biasa, di usia senjanya Ia bisa menempati rumah yang nyaman dan layak. "Selama rumah saya dibangun saya tinggal di rumah adik saya, Alhamdullillah nanti Iduladha sudah rumah baru. Syukurlah rumah enggak bocor lagi, bikin kue juga jadi lebih nyaman," sebutnya.

Sementara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan rumah Hatijah merupakan salah satu rumah yang mengalami rusak berat akibat bencana puting beliung beberapa waktu lalu. Sehingga memang sangat layak untuk dibangun kembali dengan kondisi rumah yang sudah rata dengan tanah.

Ia juga mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk membantu membangun kembali rumah korban bencana. Ia menilai, PT Timah Tbk dengan sigap membantu masyarakat saat itu.

Menurutnya, program RTLH yang dilakukan PT Timah Tbk ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk memberikan hunian yang layak bagi masyarakat.

"Kita tahu PT Timah Tbk selama ini sudah sangat luar biasa memberkan kontribusi bagi masyarakat Bangka Tengh. Ini sesuatu yang luar bisa dan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat kami. PT Timah luar biasa repson sigap membantu memberikan satu unit rumah yang paling parah," katanya.

Senada, Ketua DPRD Bangka Tengah Me Hoa mengatakan penyerahan RTLH ini merupkan wujud nyata kepedulian PT Timah Tbk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ia berharap, sinergi ini bisa terus berlanjut, pasalnya pembangunan daerah tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah saja melainkan juga perlu kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kita bersyukur dan berterima kasih kepada PT Timah Tbk, rumah Bu Hatijah ini rata dengan tanah karena puting beliung kemarin. Semoga rumah ini bisa menjadi kenangan penyemangat. PT Timah Tbk hadir sungguh nyata kepada masyarakat, PT Timah Tbk hadir tidak dengan kata-kata tapi aksi nyata," sebutnya.

Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita mengatakan rumah tinggal layak ini huni ini merupakan salah satu program CSR PT Timah Tbk untuk membantu korban bencana alam. "Ini sebagai wujud kepedulian perusahaan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," katanya.

Camat Pangkalan Baru, Roy Haris mengatakan PT Timah Tbk saat itu dengan sigap membantu masyarakat mereka yang terdampak bencana. Tidak hanya menyerahkan bantuan rumah layak huni, PT Timah Tbk juga menyerahkan 1000 keping asbes untuk membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak puting beliung.

"PT Timah Tbk sangat sigap dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di Desa Kebintik. Saat itu tim PT Timah Tbk turun langsung membantu masyarakat. Kami berharap sinergi ini bisa terus berlanjut dan berbagai bidang," tandasnya.(OL-13).

BERITA TERKAIT