01 July 2022, 11:05 WIB

Banjir di Kota Bengkulu Terus Meluas, Waspadai Potensi Hujan Deras Dua Hari Mendatang


Fery Jaya Saputra (MGN), Yuchri Prabudi (SB) |

BANJIR yang terus meluas di Kota Bengkulu sejak Kamis (30/6/2022 ) malam hingga Jumat (1/7/2022) pagi ini membuat ratusan warga yang ada di 15 kelurahan di 5 kecamatan di Kota Bengkulu terpaksa harus mengungsi dan mengevakuasi harta benda mereka ke lokasi yang lebih tinggi.

Pantauan di beberapa titik di wilayah Kota Bengkulu, banjir sebelumnya hanya merendam beberapa wilayah. Saat ini terus meluas, bahkan banjir yang sebelumnya hanya setinggi 1,5 meter saat ini telah sampai 2 meter lebih.

"Cuaca di Provinsi Bengkulu dari hari ini hingga besok diperkirakan terjadi hujan dengan instensitas ringan, sedang hingga lebat dan berpotensi angin kencang hampir di seluruh wilayah," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu.

"Hal ini karena beberapa gangguan dinamika atmosfer berupa magnesium oksida (MGO) di Samudra Hindia, gelombang ekuator piccolo, konvergensi dan belokan angin di wilayah Bengkulu serta kelembaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah sampai lapisan atas," lanjutnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu mencatat ada sebanyak 886 kepala keluarga telah mengungsi ke sejumlah posko pengungsian yang ada di beberapa titik yang didirikan oleh warga, maupun yang didirikan oleh BPBD dan Dinas Sosial Kota Bengkulu. (Ypb/A-3)

BERITA TERKAIT