01 July 2022, 16:41 WIB

800 Sapi di Subang Terpapar PMK, Sembilan Mati


Reza Sunarya |

PENYEBARAN penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Hingga hari ini sekitar 800 sapi yang terpapar PMK dan sembilan di antaranya mati.

Ratusan sapi itu belum dilakukan pemberian vaksin. Sebagian sapi yang terpapar parah terpaksa dipotong agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Menurut Bupati Subang Ruhimat saat meninjau salah satu lokasi peternakan sapi di Subang, Jumat (1/7), hewan ternak sapi yang terpapar di Kabupaten Subang tersebar di sembilan kecamatan. Untuk mencegah penyebaran semakin luas, Pemerintah Kabupaten Subang mulai melakukan pencegahan dengan vaksinasi.

Namun, lanjut Ruhimat, terbatasnya jumlah vaksin membuat upaya vaksinasi menjadi terhambat. Kabupaten Subang baru mendapat 5.500 vaksin sedangkan kebutuhannya mencapai tiga kali lipat itu.

Upaya lain yang dilakukan Pemkab Subang dan aparat Polres Subang yaitu melakukan pengetatan keluar masuk hewan ternak. Ruhimat berharap warga tidak panik dan berpesan kepada para petugas vaksinasi untuk dapat segera menyebarkan vaksin sehingga penyebaran penyakit dapat segera teratasi.

"Tidak usah panik. Sebelum wabah ini menyebar, saya mohon keikhlasan teman-teman semua untuk secepatnya dilaksanakan vaksinasi. Saya ingin cepat terselesaikan," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT